PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN KONSUMEN PADA KAFE TONG SUSU DI KOTA PEKANBARU

  • Ari Fajri Universitas Islam Riau
  • Rosmayani Universitas Islam Riau
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Konsumen Pada Kafe Tong Susu. Kualitas pelayanan merupakan dasar dari berdirinya perusahaan untuk bertahan pada jangka panjang dan dilihat melalui kuesioner kepuasaan konsumen untuk mengetahui hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan konsumen pada Tong Susu Pekanbaru. Lokasi penelitian pada Kafe Tong Susu telah berdiri dari tahun 2012 hingga saat ini dengan sudah melakukan banyak perubahan pada bagian interior maupun dari sistem manajemen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penelitian survey deskriptif. Teknik yang digunakan untuk sampel yaitu dengan insedental sampling dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh sampel yang berjumlah 50 orang. Jenis dan Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan ujit dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan (X) Kafe Tong Susu telah dilakukan dengan baik pada jumlah 79,98% dan masuk pada kategori baik sedangkan pada kepuasaan konsumen (Y) Kafe Tong Susu juga telah dilakukan dengan baik pada jumlah 78,82% dan masuk pada kategori baik. Maka dapat dilihat dari hasil uji t, t hitung lebih besar dibanding dengan t tabel (11,552 > 2,353) maka H0 ditolak dan menerima Ha. Hasil penelitian model ini berpengaruh besar hingga 73% dan pada bagian indikator daya tanggap mendapati persentase hasil yang terendah hanya 47,5% untuk sisanya dipengaruhi oleh beberapa faktor lain seperti kesesuaian, estetika dan beberapa faktor lain sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-28
Section
Articles
Abstract viewed = 99 times
PDF downloaded = 160 times