ANALISIS PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DI RATTAN HANDMADE PEKANBARU

  • Kharisma Agustin Universitas Islam Riau
  • Eka Komalasari Universitas Islam Riau
Keywords: Promosi, Keputusan Pembelian, UKM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Rattam Handmade Pekanbaru, yang merupakan salah satu toko rotan ternama di Pekanbaru. Teori yang dipakai adalah terdiri dari dua, yaitu Indikator Promosi yang terdir dari periklanan, penjualan personal, promosi penjualan dan hubungan masyarakat. Sedangkan indikator keputusan pembelian terdiri dari pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pemberilan, dan prilaku pasca pembelian. Tipe penelitian yang digunakan yaitu deskrptif kuantitatif, pengumpulan data dengan cara wawanca, kuisioner, observasi, dan, dokumentasi. Lokasi penelitian ini dilakukan di Rattan Handmade Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 responden dengan penarikan sampel secara accidental sampling. Sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan uji relibilitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS.Berdasarkan hasil analisis uji t dapat dijelaskan bahwa secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dimana variabel independent yaitu promosi memiliki nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 atau thitung = 11,656 > 2,048. Uji R2 sebesar 0,829 (82,9%) ini menjelaskan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 82,9% sedangkan sisanya sebesar 17,1 %  menggambarkan variabel bebas lainnya yang tidak diamati dalam penelitian ini. Dari hasil kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, menunjukkan peningkatan promosi berpengaruh terhadap peningkatan keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-28
Section
Articles
Abstract viewed = 314 times
PDF downloaded = 283 times