ARTI PENTING MENJALANKAN ETIKA DALAM BISNIS

Authors

  • Ramzi Durin Universitas Islam Riau

Keywords:

Etika Bisnis, Cabang Filsafat, Perilaku Manusia, Mencari Keuntungan

Abstract

Etika bisnis lebih luas dari ketentuan yang diatur oleh hukum, bahkan merupakan standar yang lebih tinggi dibandingkan standar minimal ketentuan hukum, karena dalam kegiatan  bisnis seringkali kita temukan wilayah abu-abu yang tidak diatur oleh ketentuan hukum.

Perilaku etis dalam kegiatan berbisnis adalah sesuatu yang penting demi kelangsungan hidup bisnis itu sendiri. Bisnis yang tidak etis akan merugikan bisnis itu sendiri terutama jika dilihat dari perspektif jangka panjang. Bisnis yang baik bukan saja bisnis yang menguntungkan, tetapi bisnis yang baik adalah selain bisnis tersebut menguntungkan juga bisnis yang baik secara moral.

Penerapan etika bisnis sebagaimana telah diajarkan dalam Islam yang telah di contohkan oleh Rasullullah SAW sangat banyak memberikan petunjuk mengenai etika bisnis. Sebagai cabang filsafat terapan, etika bisnis menyoroti segi-segi moral perilaku manusia dan peraturan-peraturan yang mempunyai profesi di bidang bisnis dan manajemen. Oleh karena itu, etika bisnis dapat dilihat sebagai usaha untuk merumuskan dan menerapkan prinsip-prinsip etika dibidang hubungan ekonomi antar manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles