ANALISIS KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN DISTRIBUTOR MULTI LEVEL MARKETTINGNU SKIN PADA WALK IN CENTER PEKANBARU

  • Arief Riva"i Harahap Universitas Islam Riau
  • Shafira Amalia Ramadhani Universitas Islam Riau
Keywords: Karakteristik, Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini mengambil tema tentang karakteristik kewirausahaan distributor Multi Level Marketting Nu Skin pada walk in center pekanbaru. Salah satu bentuk wirausaha adalah berusaha sendiri sebagai distributor Multilevel Marketting (MLM). Konsep MLM merupakan salah satu metode pemasaran dengan system jaringan (network). Distributor MLM dalam menjalankan strategi pemasaran secara bertingkat menuntut memiliki kejelian berimprovisasi untuk mempengaruhi orang lain mau bergabung untuk bersama-sama dalam menjalankan usaha MLM. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam system pemasaran MLM adalah WIC Nu Skin Pekanbaru yang berlokasi di  Komplek Sudirman Business Central Blok B No 7 dan 8 di Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru. Perusahaan MLM memberikan reward atau insentif kepada distributor yang berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis, menjelaskan dan mengintreprestasikan karakteristik distributor Multi Level Marketing Nu Skin pada Walk In Center Pekanbaru. Jenis penelitian yang  digunakan dalam kajian ini adalah dengan pendekatan kualitatif tersebut dipilih karena penelitian ini berusaha untuk memperoleh pandangan baru tentang karakteristik kewirausahaan distributor pada walk in center Nu Skin Pekanbaru melalui wawancara mendalam dengan pelaku usaha (distributor) dan juga mengamati secara langsung kehidupan pelaku usaha, Informan sebagai sumber data utama  sengaja dipilih dari subjek yang menguasai permasalahan, mengetahui lebih banyak, memiliki data dan bersedia memberikan data. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data primer  adalah para pelaku usaha (distributor, executive dan leader) Multilevel Marketting mulai yang terdiri dari berbagai macam level atau tingkatan mulai dari distributor, executive dan leader. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dan teknik yang digunakan dalam menjaring data adalah wawancara dan observasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data dengan menggunakan interactive model of analysis (analisis model interaktif) yang dikembangkan oleh Miles dan Hubermann. Pada model interaktif ini peneliti bergerak pada tiga komponen, yaitu reduksi data (data reduction), data display, dan coclusion drawing yaitu terdiri dari tahap penarikan dan verifikasi. berdasarkan hasil penilaian informan terhadap persepsi tentang sejauh mana karakteristik distributor Multi Level Marketting Nu Skin pada Walk In Center Pekanbaru dikelompokkan untuk level distributor (brand affiliate) mempunyai motivasi tinggi , memiliki orientasi ke depan yang sedang, lemah kepemimpinan, tidak luas jaringan usaha , kurang tanggap  dan kreatif  menghadapi perubahan, untuk level executive (brand representative) mempunyai motivasi tinggi , memiliki orientasi ke depan yang kuat, kuat kepemimpinan, luas jaringan usaha , tanggap  dan kreatif  menghadapi perubahan dan untuk level leader (brand partner) mempunyai motivasi yang sangat tinggi , memiliki orientasi ke depan yang kuat, kuat kepemimpinan, memiliki jaringan usaha yang sangat luas , selalu tanggap  dan kreatif  menghadapi perubahan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-31
Section
Articles
Abstract viewed = 3 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 3 times