PENGARUH IN STORE DISPLAY DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING PADA GUARDIAN LIVING WORLD PEKANBARU
Keywords:
In Store Display, Price Discount, Impulse BuyingAbstract
Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu In Store Display dan Price Discount sebagai variabel bebas (X1, X2) dan Impulse Buying sebagai variabel terikat (Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh In Store Display dan Price Discount terhadap Impulse Buying (studi kasus konsumen Guardian Living World Pekanbaru). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen/pengunjung yang pernah berbelanja di Guardian Living World Pekanbaru. Pada penelitian ini menggunakan teknik penelitian accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu berupa aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel In Store Display, Price Discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buying pada Guardian Living World Pekanbaru.
Downloads
References
Agustin, H., Yusrawati, E. S., Hidayah, T. H. N., & Arizza, N. V. The Impact of Income Smoothing on Bank Performance: An Islamic Perspective on Listed Banks in Indonesia (2014-2018).
Adhaghassani, Fakhriyan Sefti. 2016. “Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7p (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) Di Cherryka Bakery Oleh:” Jurnal Pendidikan Teknik Boga (Marketing Mix):1–10.
Fauziah, Farah. 2019. “Pengaruh Sales Promotion, Brand Image Dan Instore Display Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Hypermarket Dan Giant Gresik).” Jurnal Riset Entrepreneurship 2(2):54. doi: 10.30587/jre.v2i2.983.
Heridiansyah, Jefri, Theresia Susetyarsi, and Marhamah. 2022. “Analisis Dampak Store Environment, Price Discount, Sales Promotion, Dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Pt. Matahari Departement Store Kota Semarang Di Era New Normal.” Jurnal Stie Semarang 14(3):15–26.
Hamim, S., Karya, D., Indrastuti, S., Zubaidah, E., & Yuna, S. E. (2022). Teamwork Strategy of the Development Planning Consultative Team of the Food Security Program. Social Science Journal, 12(4), 2278-2289.
Herlena, S. Z., Yogia, M. A., Rahman, K., Prayuda, R., & Munaf, Y. (2021). Analysis of the performance of state civil servants in the functional provision of salary in the department of education and culture Pelalawan District. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 18(3), 303-321.
Indrastuti, S., Rachmawati, E. N., Agustin, H., & Yusnita, R. R. (2022). The Influence of the Quality of Human Resources and Organizational Commitment on Employee Performance at the Secretariat of the Regional People's Representative Council of Riau Province. Central European Management Journal, 30, 735-741.
Lee, Rebecca E., Kristen M. McAlexander, and Jorge A. Banda. 2020.“Efektivitas Point Of Purchase Dalam Meningkatkan Impulse Buying Pada Peritel Di Surabaya Melisa.” Reversing the Obesogenic Environment 179–88. doi: 10.5040/9781492596424.ch-013.
Lestari, Fitria, H. Cece Rakhmat, and Depy Muhamad Pauzy. 2022. “Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying (Survei Pada Konsumen Alfamart Di Kota Tasikmalaya).” Jurnal Cendekia Ilmiah 1(5):578–81.
Lestari, Sri Isfantin Puji. 2018. “Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Melalui Nilai Hedonik Di Carrefour Surakarta.” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship 7(2):129. doi: 10.30588/jmp.v7i2.362.
Margareth, Helga. 2017. “Pengaruh Price Discount Terhadap Impulse Buying.” Экономика Региона 3(2):32.
Melina, and Kadafi. 2017. “Pengaruh Price Discount Dan in-Store Display Terhadap Impulse Buying.” Forum Ekonomi Vol 19, No(2):201–9.
Mardatillah, A., Rosmayani, R., & Ramadani, S. (2020). Sustainable competitive advantage of Riau Malay weaving industry based on local wisdom. International Research Journal of Business Studies, 13(3).
Mardatillah, A. (2020). The enterprise culture heritage of Minangkabau cuisine, West Sumatra of Indonesia as a source of sustainable competitive advantage. Journal of Ethnic Foods, 7(1), 34.
Mardhatillah, A. (2020). Model of intention to behave in online product purchase for Muslim fashion in Pekanbaru, Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 11(6), 1419-1441.
Nurman, Yusriadi, Y., & Hamim, S. (2022). Development of pluralism education in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 9(3), 106-120.
Nurwahidah dan Ita Purnama. 2021. “Pengaruh in Store Display Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Bolly Bakery )
Pontoh, Marcella Engelin, Silcyljeova Moniharapon, and Fredy Roring. 2017. “Pengaruh Display Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Implusif Buying Pada Konsumen Matahari Departemen Store Mega Mall Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 5(2):1823–33.
Prayuda, R., Syafrinaldi, S., Akbar, D., Nurman, N., & Sary, D. V. (2022). Development of Penyengat Island Area as an International Tourism Area Based on Heritage Tourism. International Journal of Sustainable Development and Planning, 17(4), 1367-1371.
Putr, S. H., & Zulhelmy, P. D. (2021). A Glance of Sea Tribes People in Batam, RiauArchipelago, Indonesia Multidisciplinary Perspective. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(14), 4225-4230.
Rahman, F. A., & Khairunnisa, H. A. Determinants of Corporate Social Responsibility Disclosure: The Influence of Non-Financial Factors in Indonesian Energy and Pulp & Paper Industries.
Riauan, M. A. I. (2020). Analisis Framing" Aksi Bela Islam" Sebagai Dakwah Islam di Riau Pos”(A Framing Analysis Of “Islam Defense Action” As Islamic Dakwah On Riau Pos Newspaper). Jurnal Dakwah Risalah, 31(1).
Rinaldi, K., & Ardianto, J. (2022). The Effect Of Thief Labeling On Youths. International Journal Of Social Science, 1(6), 869-872.
Rohaeni, Heni, and Asti Damayanti. 2018. “Pengaruh Store Layout Terhadap Impulse Buying Di Toko Buku Gramedia Istana Plaza Bandung.” Ekspansi 10(2):177–92.
Samma, Sitti Aisyah Muthmainna K. 2019. “Pengaruh Price Discount, Bonus Pack Dan in-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Behavior Konsumen Pada Hypermart Mall Panakkukang Makassar.” Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar 3(5):1–3.
Saputro, Ikhsan Banu. 2019. “Pengaruh Price Discount Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel.” Jurnal Ilmu Manajemen 16(1):35–47.
Sari, Della Ruslimah, and Ikhwan Faisal. 2018. “Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, Dan in-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Giant Ekstra Banjar.” Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan 2(1):51–60.
Tawas, Indry F. N., Lucky F. Tamengkel, and Aneke Y. Punuindoong. 2019. “Pengaruh Display Terhadap Perilaku Impulse Buying Di Transmart Bahu-Manado.” Jurnal Administrasi Bisnis 9(1):137. doi: 10.35797/jab.9.1.2019.23713.137-146.
Thamara, Ferdalia, Faeza Dandi, Inayatul Maulida, and Vicky F. Sanjaya. 2020. “Effect of Price Discount, Instore Display, and Promotion on Impulse Buying.” Journal of Islamic Economic Scholar 1(3):186–96.
Warnerin, Gita, and Renny Dwijayanti. 2020. “Pengaruh Diskon Dan In-Store Display Terhadap Impulse Buying Konsumen Matahari Department Store Gress Mall Gresik.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 8(2):896–903.
Wijaya, Ermy, and Yeni Oktarina. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada Hodshop Bengkulu.” EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 7(1):10–22. doi: 10.37676/ekombis.v7i1.696.
Wilujeng, Sri. 2017. “Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Konsumen Indomaret Di Kecamatan Sukun Kota Malang.” Journal FEB Universitas Kanjuruhan Malang 457–69.
Wahyudi, S., Yogia, M. A., & Amrillah, M. F. (2023). Unlocking user-driven innovation and sustainable competitive advantage through partnership: An open innovation perspective. Scientific Papers of the University of Pardubice. Series D. Faculty of Economics and Administration, 31(1).
Yuniarti, Rozmita Dewi, and Ridwan Subhi Aprianti. 2009. “Pengaruh In Store Display Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Berkarbonasi Coca-Cola (Survei Pada Konsumen Di Carrefour Paris Van Java Sukajadi Bandung).” Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis 9(1):68. doi: 10.17509/strategic.v9i1.1059.