ANALISIS EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) HONDA BEAT PADA PT. GLOBAL JAYA PERKASA PEKANBARU

  • Desi Yelvanita Universitas Islam Riau
  • Nurman Nurman Universitas Islam Riau
Keywords: Merk, Ekuitas Merk

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan ekuitas merek sepeda motor Honda BeAt pada PT. Global Jaya Perkasa Pekanbaru. Penulis menggunakan teori Davit Aaker (1996;8) yang mengatakan bahwa Ekuitas merek adalah sekumpulan aset (dan liabilities) yang terkait dengan nama merek dan simbol, sehingga dapat menambah nilai yang ada dalam produk atau jasa tertentu. Aset yang terdapat dalam merek tersebut meliputi: Kesadaran merek, kesan kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas
merek (dalam Rangkuti, 2002;39).Jenis penelitian ini adalah penelitian survey deskriptif. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalahdata perimer dan data sekunder. Teknik penarikan sampel yang peneliti gunakan yaitu menggunakan teknik sensus untuk karyawan sebanyak 4 orang sebagai key informan, dan teknik penarikan sampel Sampling aksidental untuk konsumen yang berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan yaitu dengan menyebarkan kuisioner dan melakukan wawancara. Adapun teknik analisis data yang peneliti lakukan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek sepeda motor Honda Beat pada PT. Global jaya Perkasa Pekanbaru terkategori baik. hal ini dikarenakan konsumen telah memiliki kesadaran akan merek, kesan kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek. Dari hasil kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, agar kesadaran merek, kesan kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek konsumen terhadap Honda BeAt semakin meningkat, maka penulis memberikan saran kepada pihak perusahaan sebagai berikut: (1) Perusahaan perlu meningkatkan promosi seperti menyebarkan brosur, membuat iklan yang lebih kreatif dan inovatif lagi sehingga konsumen dapat lebih mengenal Honda BeAt dengan baik. (2) Perlu meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga konsumen yang datang membeli Honda BeAt merasa puas dan dengan senang hati merekomendasikan pembelian sepeda motor kepada teman, keluarga dan kenalannya. (3) Melengkapi atau menambah stok spare park terutama spare park Honda BeAt, sehingga memudahkan konsumen memperoleh spare park apa saja yang dibutuhkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-10-01
Abstract viewed = 117 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 2251 times