https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/issue/feed Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance 2024-06-12T20:43:02+07:00 Editor Jurnal Tabarru' [email protected] Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Journal Tabarru' : Islamic Banking and Finance&nbsp;(<a href="http://www.issn.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1526631753&amp;1&amp;&amp;">Online ISSN: 2621-7465</a> &amp; <a href="http://www.issn.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1527263122&amp;1&amp;&amp;">Print ISSN: 2621-6833</a>) published the original paper or review about&nbsp; Islamic Banking and Finance. Scope and Focus of this journal related to Islamic Banking (BUS, BPRS &amp; UUS), Islamic Financial Institutions such as Islamic Insurance (Takaful), Islamic Leasing, Islamic Capital Market (Islamic Bond/SUKUK &amp; Islamic Stock), Islamic Pawn Shop, Baitamall Wattamwil (BMT), Islamic Cooperation, and other Islamic Institutions, This journal also covers discussion about Managing Zakat Fund, Managing Waqaf Fund, Islamic Financial Management, and Islamic Financial Accounting.&nbsp;</p> <p style="text-align: justify;">Journal Tabarru': Islamic Banking and Finance publishes print and online 2 times annually in Mei and November. Jurnal Tabarru' : Islamic Banking and Finance has been <strong>ACCREDITED by the Ministry of Research, Technology, and Higher Education of the Republic of Indonesia,</strong> <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/6843"><strong>No.204/E/KPT/2022</strong></a><strong><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/6843">,</a> 03 October 2022, SINTA (S4).</strong></p> https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/15045 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK MUAMALAT BALAI KOTA MEDAN DENGAN PENGETAHUAN PRODUK SEBAGAI VARIABEL MODERASI 2023-11-30T19:19:16+07:00 Wafiq Fitria Ashilah [email protected] Zuhrial M. Nawawi [email protected] <p>Bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang mempunyai peranan penting dalam arus perekonomian Indonesia. seiring dengan berkembang pesatnya hukum syariah di Indonesia, persaingan antar bank menjadi semakin ketat. Masalahnya hubungan kualitas pelayanan dan loyalitas menjadi sebuah pertimbangan nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap loyalitas nasabah dengan menggunakan pengetahuan produk sebagai variabel moderasi (Bank Muamalat Balai Kota Medan). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat Balai Kota Medan yang menabung di bank tersebut sebanyak 2340 orang pada triwulan I tahun 2023. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 96 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif yang tinggi terhadap loyalitas nasabah dan variabel citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil tersebut, variabel pengetahuan produk meningkatkan pengaruh variabel kualitas layanan dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan, artinya pengetahuan produk memediasi pengaruh kualitas layanan dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan.</p> 2024-01-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/15042 ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA DALAM MEMILIH BERKARIR DI PERBANKAN SYARIAH 2023-11-30T19:10:35+07:00 Meliyani [email protected] Rami Syahriza [email protected] Budi Harianto [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam memilih berkarir di perbankan syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Stambuk 2019, dengan sampel sebanyak 93 mahasiswa menggunakan kuesioner melalui <em>google from</em>. Teknik analisis dalam penelitian ini, menggunakan uji analisis faktor dengan SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam memilih berkarir di perbankan syariah, diantaranya yaitu: Faktor Magang, Faktor Pengetahuan, Faktor Pertimbangan Pasar Kerja dan Faktor Minat Berkarir. Selain itu, Faktor Magang dengan indikator pengalaman magang membentuk untuk bertanggung jawab terhadap pekerjaan menjadi faktor yang paling berpengaruh minat mahasiswa dalam memilih berkarir di perbankan syariah. Karena disaat magang karyawan bank memberikan tugas kepada mahasiswa yang magang untuk menyelesaikan tugas tersebut, sehingga membuat mahasiswa tersebut merasa memiliki rasa tanggung jawab dan menyelesaikan tugas yang diberikan dengan benar.</p> 2024-01-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/14445 PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN MUDHARABAH TERHADAP PROFITABILITAS BANK MUAMALAT INDONESIA 2023-09-28T06:20:06+07:00 Nanda Suryadi [email protected] Burhan [email protected] Arie Yusnelly [email protected] <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembiayaan <em>murabahah</em> dan <em>mudharabah</em> terhadap profitabilitas Bank Muamalat Indonesia tahun 2019–2021. Jenis dari penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini akan meneliti dan mengamati tentang “Pengaruh Pembiayaan <em>Murabahah</em>, <em>Mudharabah</em> Terhadap Profitabilitas Bank Muamalat Indonesia tahun 2019–2021. Sampel yang dipakai berupa laporan keuangan bulanan periode 2019-2021 yang telah di terbitkan di Otoritas Jasa Keuangan maka penelitian ini memperoleh sampel sebanyak 36 data. Adapun populasi dari penelitian ini adalah laporan keuangan Bank Muamalat Indonesia yang mempubikasikan laporan keuangan pada tahun 2019–2021. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan <em>Partial Least Square</em> (PLS) dengan alat bantu perangkat lunak <em>SmartPLS</em> 4 untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkah bahwa pembiayaan <em>murabahah</em> berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, pembiayaan <em>mudharabah</em> tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas; saran penulis Bank Muamalat Indonesia dapat meningkatkan lagi penyaluran pembiayaan <em>murabahah</em>, pembiayaan <em>mudharabah</em>, pembiayaan <em>musyarakah</em>, pembiayaan <em>ijarah </em>dengan mempertimbangkan resiko gagal bayar sebagai dasar penyaluran pembiayaan agar mengurangi resiko dari kerugian.</p> 2024-02-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16318 PENGARUH TINGKAT BAGI HASIL, FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) DAN INFLASI TERHADAP DEPOSITO MUDHARABAH PERBANKAN SYARIAH 2024-02-10T22:35:13+07:00 Feby Aulia Amanda [email protected] Muhammad Yafiz [email protected] Tuti Anggraini [email protected] <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Tingkat Bagi Hasil, Inflasi dan <em>Financing to Deposit Ratio</em> (FDR) terhadap Deposito <em>Mudharabah</em> Perbankan Syariah. Ketertarikan masyarakat untuk menginvestasikan dananya sebagai pihak ketiga merupakan faktor yang berperan penting dalam perkembangan bank syariah, salah satunya deposito. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan BUS yang dipublikasi pada <em>website</em> Bank Indonesia (BI). Sampel pada penelitian ini sebanyak 14 Bank Umum Syariah (BUS) yang mempublikasi laporan keuangannya pada Bank Indonesia pada periode 2020-2021. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel jumlah bagi hasil bank syariah berpengaruh signifikan terhadap deposito <em>mudharabah</em>. Variabel FDR berpengaruh tidak signifikan terhadap deposito perbankan. Sedangkan variabel inflasi berpengaruh tidak signifikan terhadap deposito perbankan.</p> 2024-02-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/15043 PENGARUH RASIO KEUANGAN DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN ASURANSI UMUM SYARIAH 2023-11-30T19:15:16+07:00 Rifaldi Ahmad Nasution [email protected] Juliana Nasution [email protected] Nurul Jannah [email protected] <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Rasio Solvabilitas, Rasio Aktivitas dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan asuransi umum syariah. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan asuransi umum syariah periode 2018-2022 sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu perusahaan asuransi yang mempublikasikan laporan keuangan periode 2018-2022 sampel yang sesuai dengan kriteria tersebut sebanyak 30 sampel. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2023 sampai 2024 menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan Uji t dan Uji F. Penelitian ini menggunakan data panel. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Rasio Solvabilitas, Rasio Aktivitas dan Kepemilikan Manajerial sebagai variabel independen (bebas) dan Nilai Perusahaan. Berdasarkan hasil dari uji parsial (Uji t), variabel Rasio Likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Rasio Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan asuransi umum syariah, Rasio Solvabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, Rasio Aktivitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dan Kepemilikan Manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan berdasarkan hasil uji simultan (Uji F) variabel Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Rasio Solvabilitas, Rasio Aktivitas dan Kepemilikan Manajerial berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan asuransi umum syariah.</p> 2024-02-24T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16512 PENGARUH KUALITAS PRODUK AMANAH PEGADAIAN SYARIAH PROBOLINGGO TERHADAP MINAT MASYARAKAT UNTUK MEMBELI KENDARAAN BARU ATAU SECOND 2024-03-04T21:49:01+07:00 Hosnawiyah [email protected] Abu Yazid Adnan Quthny [email protected] Cici Widya Prasetyandari [email protected] <p>Tujuan analisis ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas produk amanah pegadaian syariah terhadap minat masyarakat dalam membeli kendaraan baru atau second. Populasi penelitian ini adalah seluruh klien pegadaian syariah Probolinggo. Orang yang membeli produk amanah dari Juli hingga September 2023 yang berjumlah 40 responden. Sedangkan metode pemilihan sampelnya menggunakan metode sampel jenuh. Metode Penelitian ini menggunakan regresi linear yang mudah. Hasil studi menunjukkan nilai <em>r squared</em> 0,693. Artinya, kualitas produk amanah pegadaian syariah Probolinggo berpengaruh sebesar 69,3% terhadap keinginan masyarakat untuk membeli kendaraan baru atau second. Hasil pengujian juga mengkonfirmasi bahwa faktor kualitas produk berdampak positif dan penting untuk kepentingan masyarakat.</p> 2024-03-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16666 PENGARUH INSENTIF FINANSIAL DAN INSENTIF NON FINANSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA AXI ADIRA FINANCE SYARIAH JAWA TIMUR 2024-03-24T22:28:31+07:00 Agnes Alya Namira [email protected] Abdul Ghafur [email protected] Zahida I’tisoma Billah [email protected] <p>Riset ini mempunyai tujuan untuk menentukan bagaimana kepuasan kerja AXI Adira Finance Syariah Jawa Timur dipengaruhi oleh insentif finansial dan non finansial. Riset ini termasuk dalam kategori kuantitatif yang menggunakan analisis asosiatif data. Populasi dalam riset ini adalah AXI Adira Finance Syariah Jawa Timur yang masih aktif, dan jenis data primer digunakan. Setelah diolah dengan rumus Slovin, sekitar 90 responden diperlukan untuk sampel. Riset ini menggunakan metode simple <em>random sample</em>, yang berarti responden diambil dari populasi tanpa mempertimbangkan strata sosial mereka. Data diuji dengan uji deskriptif kualitas, asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan hipotesis. Data diproses dengan menggunakan program SPSS 23.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa insentif finansial (X1) mempengaruhi kepuasan kerja, dengan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (0,003 &lt; 0,05). Insentif non-finansial (X2) mempengaruhi kepuasan kerja, dengan t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,039 &gt; 1,987). AXI Adira Finance Syariah Jawa Timur memiliki tingkat kepuasan kerja 0,177, atau 17,7% dari insentif finansial dan non-finansial.</p> 2024-03-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16667 PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI FINTECH ADIRAKU PT. ADIRA FINANCE SYARIAH SATELLITE BALUNG 2024-03-24T22:36:59+07:00 Nur Istianah Putri [email protected] Abdul Ghafur [email protected] Moh. Samsul Arifin [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan dan kepercayaan nasabah dalam menggunakan aplikasi <em>fintech</em> Adiraku pada PT. Adira Finance Syariah Balung. Pada zaman digitalisasi saat ini yang berkembang pesat PT. Adira Finance Syariah Balung bergerak dibidang <em>Startup</em>, badan usaha yang berjalan dan fokus pada pengembangan kualitas target pasar yang bergerak dibidang digital. Jenis <em>Startup</em>, terbagi menjadi dua jenis yaitu <em>e-commerce</em> dan <em>fintech.</em> PT. Adira Finance termasuk dari perusahaan yang bergerak di bidang <em>Startup</em>, salah satu perusahaan yang menggunakan aplikasi <em>fintech</em>. Masalahnya perpsepsi kemudahan dan kepercayan nasabah dalam menggunakan aplikasi <em>fintech</em> Adiraku masih minim penggunaanya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan teknik <em>sampling</em> sensus dan <em>sampling</em> jenuh. Populasi yang digunakan oleh peneliti ialah nasabah aktif Adiraku yang menggunakan aplikasi Adiraku pada bulan Januari 2024. Dengan jumlah populasi sebanyak 54 responden pada Adira Satellite Balung, Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel total atau sensus. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa variabel perpsepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan hasil tersebut, variabel persepsi kepercayaan berpengaruh positif, artinya dua variabel persepsi kepercayaan dan kemudahan menggunakan aplikasi <em>fintech</em> Adiraku berdampak positif dan signifikan pada kepuasan pelanggan.</p> 2024-03-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16785 THE INFLUENCE OF WORD OF MOUTH AND BRAND IMAGE ON PURCHASE INTENTION WITH PRODUCT KNOWLEDGE AS A MEDIATION VARIABLE 2024-04-04T12:34:31+07:00 Riska Febriyanti [email protected] Yayuk Sri Rahayu [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>word of mouth</em> dan <em>brand image</em> terhadap <em>purchase intention</em> pada nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Malang dengan <em>product knowledge</em> sebagai variabel mediasi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Sampel penelitian berjumlah 135 responden yang diambil dari nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Malang yang termasuk usia remaja dan usia produktif. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner yang disebar melalui <em>google form</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>word of mouth</em> tidak berpengaruh terhadap <em>purchase intention</em> namun <em>word of mouth</em> berpengaruh signifikan terhadap <em>product knowledge</em>, <em>brand image</em> berpengaruh signifikan terhadap <em>purchase intention</em> dan <em>product knowledge</em>, <em>product knowledge</em> berpengaruh signifikan terhadap <em>purchase intention</em>. <em>Word of mouth</em> berpengaruh signifikan terhadap <em>purchase intention</em> yang dimediasi oleh <em>product knowledge</em> secara penuh, <em>brand image </em>berpengaruh signifikan terhadap <em>purchase intention</em> yang dimediasi oleh <em>product knowledge</em> secara parsial.</p> 2024-04-21T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16790 FUNDRAISING PEMBIAYAAN ASET WAKAF TANAH PRODUKTIF MELALUI FINANCIAL TECHNOLOGY DALAM PERSPEKTIF TAFSIR HUKUM EKONOMI SYARIAH 2024-04-04T13:08:45+07:00 Nurjamil [email protected] Siti Nurhayati [email protected] Rosihon Anwar [email protected] Ending Sholehudin [email protected] <p>Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengeksplorasi hukum pembiayaan asset tanah wakaf produktif melalui <em>platform financial technology</em> dilihat dari perpspektif tafsir hukum ekonomi syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (<em>library research</em>) dengan menggunakan pendekatan deskriptif-analitis dimana peneliti mengumpulkan data-data sekunder yang bersumber dari beberapa kitab tafsir, norma hukum positif khususnya Undang-Undang Wakaf, Peraturan Pemerintah tentang Wakaf, Buku ke III Kompilasi Hukum Islam, buku referensi terkait wakaf, dan beberapa jurnal serta hasil penelitian lain yang dipublikasikan yang kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menjawab pertanyaan penelitian. Secara umum ayat al-Quran dan Hadits yang berkaitan dengan wakaf hanya memberikan gambaran tentang motivasi atau keutamaan berwakaf dan anjuran mengenai tentang produktifitas wakaf. Jumhur ulama sepakat bahwa wakaf hukumnya adalah <em>sunnah muakkadah</em>. Terkait pemanfaatan <em>technology financial</em> dalam pembiayaan asset wakaf produktif hukumnya diperbolehkan sebagaimana keumuman kaidah tentang asal <em>muamalah </em>adalah boleh yaitu “<em>Al-Ashlu Fii al-Mu’amalati Al-Ibahatu Illa An Yadhulla Addalilu ‘Alaa Tahriimihaa</em>” artinya asal mula setiap <em>muamalah</em> adalah boleh hingga ada dalil yang mengharamkannya.</p> 2024-04-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16799 EVALUASI STRATEGI PEMASARAN PRODUK CICIL EMAS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS DALAM IHSAN 2024-04-04T21:20:57+07:00 Sherin Meliana [email protected] Romi Adetio Setiawan [email protected] Khairiah Elwardah [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi strategi pemasaran produk cicil emas Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu Bengkulu Panorama dengan pendekatan <em>Business Model Canvas</em> dalam <em>Ihsan</em>. Dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran berfokus pada segmentasi nasabah memiliki saldo rata-rata di atas Rp.10.000.000,- dan nasabah pembiayaan haji. Pemasaran dilakukan melalui media sosial (<em>whatsapp, instagram, facebook</em>) dan <em>whatsapp blast</em>, serta menggunakan strategi sosialisasi, <em>canvassing</em>, dan <em>personal selling</em>. <em>Business Model Canvas</em> digunakan dalam evaluasi, mengungkapkan bahwa segmentasi pelanggan dapat membatasi aksesibilitas produk untuk masyarakat dengan saldo di bawah Rp.10.000.000,-. Proposisi nilai menyoroti kualitas emas, likuiditas tinggi, dan peningkatan nilai setiap tahun dengan transparansi pembiayaan melalui akad <em>murabahah</em> dan akad <em>rahn.</em> Namun, perlunya pengembangan sesuai perkembangan teknologi dan preferensi konsumen. Hubungan pelanggan melalui <em>whatsapp blast</em> dan pertemuan langsung dinilai efektif, tetapi perlu dipertahankan untuk meningkatkan loyalitas. Arus pendapatan bersih diperoleh dari <em>margin</em> setelah dikurangi pajak, zakat, dan biaya operasional. Sementara kemitraan dengan pihak seperti PT. Antam, PT. Pengadaian Galeri 24, BMT Kubuk 006 (Koperasi), Toko Emas Rekanan Hermaini, dan nasabah perlu diperkuat. Struktur biaya melibatkan biaya konsumsi, biaya cetak (spanduk, brosur), hadiah untuk nasabah, biaya administrasi, asuransi jaminan, dan materai yang ditanggung oleh nasabah.</p> 2024-04-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16830 PREFERENSI TRANSAKSI DI BANK SYARIAH 2024-04-11T13:14:51+07:00 Rahmayati [email protected] Dara [email protected] <p>Penelitian ini menganalisis pengaruh pengetahuan dan karakteristik bank terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan bank syariah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Populasi yang digunakan ialah Mahasiswa UMSU dengan jumlah sampel sebanyak 94 Mahasiswa menggunakan Teknik slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable Pengetahuan (X1) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Variabel Keputusan (Y) dengan perolehan t hitung (0,009) &gt; t tabel (0,05) dengan nilai signifikan sebesar 2,688 &gt; 1,98638, Variabel Karakteristik Bank (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan (Y) dengan perolehan t tabel (0,000) &lt; t tabel (0,05) dengan nilai signifikan sebesar 6,068 &gt; 1,98638, uji secara simultan pada Variabel Pengetahuan (X1) dan Karakteristik Bank (X2) menyatakan bahwa ada pengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap Keputusan (Y) dengan perolehan F hitung (139,389) &gt; F tabel (3,10) dengan tingkat signifikan 0,000. Kesimpulan penelitian ini yaitu Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam menggunakan Bank Syariah dan Karakteristik Bank berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam menggunakan Bank Syariah.</p> 2024-04-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16084 PENGARUH ASSET PRODUKTIF DAN NON PERFORMING FINANCING TERHADAP LABA BANK MEGA SYARIAH 2024-01-22T13:11:05+07:00 Umi Huzmiyah [email protected] Diah Krisnaningsing [email protected] <p>Melakukan perhitungan laba bersih menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan guna menganalisis kesehatan keuangan di sebuah perusahaan. Laba bersih sendiri ialah nilai keuntungan atau kelebihan pendapatan yang diperoleh dari suatu kegiatan bisnis dalam kurun waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh Asset Produktif dan NPF terhadap Laba Bersih tahun berjalan pada Bank Mega Syariah Periode 2018-2022. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data sekunder bersumber dari laporan keuangan bulanan. Sementara Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Asset Produktif terhadap Laba Bersih, selanjutnya terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara NPF terhadap Laba Bersih dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Asset Produktif dan NPF terhadap Laba Bersih tahun berjalan di Bank Mega Syariah Periode 2018-2022.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16856 STRATEGI PEMASARAN PRODUK ARRUM HAJI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PEGADAIAN UPC TELUK KUANTAN 2024-04-21T07:40:28+07:00 Meri Yuliani [email protected] Dian Meliza [email protected] Fitrianto [email protected] <p>Produk Arrum Haji adalah produk titipan Pegadaian Syariah Pekanbaru di Pegadaian UPC Teluk Kuantan yang beroperasi secara syariah. Arrum Haji adalah layanan pembiayaan untuk mendapatkan porsi haji secara syariah dengan proses yang mudah serta aman dengan jaminan emas batangan (Logam Mulia) minimal 3,5 gram (sekitar Rp. 2 juta) atau emas perhiasan sekedar minimal 7% dengan berat sekitar 7 gram untuk mendapatkan pinjaman uang Rp. 25.000.000 Juta untuk mendapatkan porsi haji. Produk Arrum Haji dipasarkan oleh Pegadaian UPC Teluk Kuantan kepada maayarakat sejak tahun 2016 yang sampai ini jumlah nasabahnya hanya 3 orang selama 7 tahun beroperasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu mengunakan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer pegawai kantor Pegadaian UPC Teluk Kuantan dan data sekunder dari bahan kepustakaan serta dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian sedangkan Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Strategi pemasaran produk Arrum Haji dalam meningkatkan jumlah nasabah yang diterapkan oleh PT. Pegadaian UPC Teluk Kuantan sudah sesuai dengan bauran pemasaran akan tetapi pemasarannya kurang maksimal karena selama 7 tahun beroperasi tidak ada penambahan jumlah nasabah. Kendala yang dihadapai oleh Pegadaian UPC Teluk Kuantan adalah kurangnya literasi masyarakat, kurangnya minat masyakat dan adanya keinginan dalam penundaan waktu keberangkatan haji.</p> 2024-05-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16857 PERANAN PEMBIAYAAN MUSYARAKAH MUTANAQISHAH (MMQ) BANK SYARIAH INDONESIA PADA PENGEMBANGAN UMKM DI KOTA BENGKULU 2024-04-21T07:54:23+07:00 Ela Wilfa Sari [email protected] Supardi Mursalin [email protected] Kustin Hartini [email protected] <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pembiayaan MMQ Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu Adam Malik dan pengembangan pada UMKM di kota Bengkulu setelah mendapatkan pembiayaan MMQ Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu Adam Malik. Pendekatan penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan pembiayaan MMQ sebagai modal kerja syariah berperan dalam memberikan bantuan modal kepada nasabah melalui pembiayaan dengan akad MMQ untuk mengembangkan usaha nasabah yang dilakukan dengan cara membeli asset seperti mobil, meja, kursi dan lain-lain. Sedangkan pada investasi syariah, pembiayaan dengan akad MMQ ini berperan dalam mengembangkan usaha nasabah yang dilakukan dengan cara membeli gedung atau ruko, tanah dan lain-lain. Dan pengembangan UMKM di Kota Bengkulu setelah mendapatkan pembiayaan <em>Musyarakah Mutanaqishah</em> (MMQ) Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu Adam Malik dapat dilihat dari pengembangan asset, <em>revenue</em> (pendapatan) dan modal. Dari beberapa indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa pembiayaan yang disalurkan bank memberikan dampak positif berupa kenaikan pendapatan, julmlah modal dan asset yang terus berkembang.</p> 2024-05-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16534 MENGUNGKAP POTENSI FRAUD LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DI TINJAU DARI TEORI FRAUD DIAMOND DAN MODEL PENCEGAHAN FRAUD 2024-03-08T22:21:11+07:00 Ach Effendi Purnama [email protected] Faizal Amir [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potensi <em>fraud</em> pada BMT NS ditinjau dari teori <em>fraud</em> <em>diamond </em>dan juga model pencegahan <em>fraud</em>. BMT NS sendiri merupakan nama samaran yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu untuk kebebasan dan keamanan dalam mengungkap potensi <em>fraud</em> pada objek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus intrinsik dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa potensi <em>fraud</em> di BMT NS bisa terjadi karena 4 faktor. Pertama, adanya tekanan dimana jika seseorang karyawana BMT NS merasa terdesak karena kebutuhan pribadi dan keluarganya yang semakin meningkat maka berpotensi terhadap <em>fraud</em>. Kedua, adanya kesempatan di mana faktor ini muncul apabila tidak ada pengawasan yang ketat di BMT NS maka juga akan berpotensi pada <em>fraud</em>. Ketiga, adanya rasionalisasi di mana faktor ini muncul karena apabila <em>fraud</em> itu terjadi akan dianggap hal yang wajar dan mencari pemebenaran atas tindakan <em>fraud</em> tersebut. Keempat, adanya kemampuan dimana faktor ini muncul karena semakin meningkat kemampuan seseorang karyawan, maka akan berbanding lurus pada potensi terhadap <em>fraud</em>. Selanjutnya model pencegahan <em>fraud</em> yang diterapkan di lingkungan BMT NS dengan adanya pengawasan dari BMT pusat yang dilakukan setiap bulan dua kali. Adanya audit internal yang dilakukan dua kali dalam satu bulan oleh tim audit internal BMT pusat. Sehingga dengan adanya model pencegahan <em>fraud</em> yang diterapkan di lingkungan BMT NS dapat meminimalisir dan mencegah terjadinya <em>fraud</em>.</p> 2024-05-13T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16458 ANALISIS IMBAL HASIL TERHADAP EFEKTIVITAS MANAJERIAL BANK ISLAM DI INDONESIA 2024-02-28T15:21:41+07:00 Muhlis [email protected] Lukita Permanasari [email protected] <p>Perbankan Islam dalam kegiatannya tidak menggunakan bunga tetapi bagi hasil, dimana pemakaian produknya berdasarkan asas syariat Islam. Jadi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh imbal hasil pada efektivitas manajerial (NOM, NPF, CAR, BOPO, FDR, ROA) di bank Islam Indonesia. Penelitian ini memakai penelitian kuantitatif. Dengan data yang dipakai pada penelitian adalah data sekunder dengan mengakses pada <em>website</em> resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan mengambil data keuangan Bank Umum Syariah dari Oktober 2021 sampai November 2023. Hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara imbal hasil pada efektivitas manajerial sedangkan imbal hasil berpengaruh positif dan signifikan pada ROA. Untuk imbal hasil tidak terdapat pengaruh terhadap NOM, NPF, CAR, BOPO dan FDR.</p> 2024-05-13T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/17009 NIAT BERPERILAKU DALAM MENGGUNAKAN PRODUK BANK SYARIAH MELALUI PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR 2024-05-10T08:48:59+07:00 Putri Nuraini [email protected] Nurul Muyasaroh [email protected] Siti Syafiah Bahita [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel dari <em>Theory of Planned Behavior</em> (TPB) yaitu variable sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku yang dirasakan terhadap niat berperilaku menggunakan produk perbankan syariah. Melalui penelitian ini diharapkan dapat melihat bagaimana TPB ini jika diterapkan dalam memprediksi perilaku untuk menggunakan produk perbankan syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah guru <em>Madrasah Aliyah</em> di Kota Pekanbaru. Sampel yang digunakan berjumlah 100 orang responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan pengolahan data menggunakan <em>software SPSS Versi 25</em>. Pengujian hipotesis menggunakan analisis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku terhadap niat, berpengaruh signifikan terhadap niat guru <em>Madrasah Aliyah</em> Kota Pekanbaru dalam menggunakan produk bank syariah. Secara simultan, hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai F hitung sebesar 41,614 dengan nilai signifikansi 0,000. disimpulkan bahwa veriabel sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku yang dirasakan secara bersama-sama berpengaruh terhadap niat guru <em>Madrasah Aliyah</em> Kota Pekanbaru dalam menggunakan produk bank syariah. Nilai koefisien <em>adjusted R square</em> (R<sup>2</sup>) diperoleh 0,552, ini berarti ketiga variabel TPB berpengaruh positif, dan mempengaruhi sebesar 55,2% terhadap niat untuk menggunakan produk bank syariah, sedangkan sisanya sebesar 44,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.</p> 2024-05-15T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16652 THE INFLUENCE OF KNOWLEDGE, MOTIVATION, AND RELIGIOSITY ON THE DECISION OF EASY WADIAH SAVINGS CUSTOMERS WITH TRUST AS AN INTERVENING VARIABLE 2024-03-22T05:11:04+07:00 Diki Egie Nugraha [email protected] Khusnudin [email protected] <p>Perbankan syariah di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan hingga tahun 2022, dengan jumlah lembaga mencapai 198 lembaga, antara lain bank umum syariah, unit usaha syariah, dan bank pembiayaan rakyat syariah. Bank Syariah Indonesia sebagai pionir perkembangan bank syariah modern telah menghadirkan produk unggulan seperti Tabungan <em>Wadiah</em> Mudah yang digemari masyarakat. Agar tetap kompetitif, Bank Syariah Indonesia terus berupaya memberikan layanan terbaik dengan fokus pada kepercayaan masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, motivasi, dan religiusitas terhadap keputusan pelanggan secara langsung dan tidak langsung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi nasabah Tabungan Easy <em>Wadiah</em> di Kota Malang. Sampel minimal 50 responden ditentukan dengan menggunakan metode statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, religiusitas, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pelanggan. Kepercayaan juga memediasi hubungan antara pengetahuan dan motivasi dan keputusan pelanggan. Metode analisis <em>Structural Equation Model</em> (SEM) berbasis <em>Partial Least Square</em> (PLS) digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan aplikasi SmartPLS 4.1.0.0.</p> 2024-05-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16342 THE INFLUENCE OF GREEN LOYALTY: COULD THE SATISFACTION AND GENDER DISTURB IT ? 2024-02-14T12:32:23+07:00 Ananda Agustina [email protected] Titis Miranti [email protected] <p>Bank syariah harus mampu membangun kepercayaan nasabah terhadap praktik keberlanjutan yang mereka terapkan. Bank syariah juga disarankan untuk meningkatkan transparansi dan komunikasi terkait inisiatif keberlanjutan yang dilakukan perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh praktik ramah lingkungan dan kepercayaan ramah lingkungan terhadap loyalitas ramah lingkungan melalui variabel kepuasan ramah lingkungan, dengan gender sebagai variabel moderasi. Sampel penelitian terdiri dari 200 nasabah perbankan syariah dengan menggunakan metode <em>simple random sampling</em> dalam pengambilan sampel yang kemudian dianalisis dengan teknik <em>Structural Equation Modeling—Partial Least Square</em> (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik hijau berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap loyalitas hijau, sedangkan kepercayaan hijau berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas hijau. Praktik ramah lingkungan dan kepercayaan ramah lingkungan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan lingkungan hidup. Selanjutnya <em>green </em><em>s</em><em>atisfaction</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap <em>green loyalty.</em> Kepuasan ramah lingkungan terbukti memediasi pengaruh praktik ramah lingkungan dan kepercayaan ramah lingkungan terhadap loyalitas ramah lingkungan. Sementara itu, gender tidak terbukti memoderasi hubungan antara praktik ramah lingkungan dengan kepercayaan ramah lingkungan dan loyalitas ramah lingkungan. Perbankan syariah perlu meningkatkan penerapan praktik berkelanjutan, membangun kepercayaan nasabah, dan meningkatkan kepuasan nasabah dengan praktik berkelanjutan untuk memperkuat loyalitas ramah lingkungan.</p> 2024-05-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16228 OPTIMALISASI PENDISTRIBUSIAN ZIS MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN UMKM DI LAZISMU SIDOARJO DALAM PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH 2024-02-01T08:57:43+07:00 Laila Rohmawati [email protected] Masruchin [email protected] <p>Rendahnya tingkat pendidikan masyarakat, tingginya angka kemiskinan, tingginya angka pengangguran, dan banyak masalah lainnya. Dapat diatasi dengan adanya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia karena UMKM memiliki peran dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian negara. Salah satu lembaga yang dapat mendukung aksi dalam memberdayakan perekonomian negara dan UMKM adalah lembaga zakat. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendistribusian dana ZIS yang ada di Lazismu Sidoarjo dan menggunakan <em>maqashid syariah</em> untuk mengukur tingkat optimalisasi pendistribusian kepada <em>mustahik</em>. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menerapkan pendekatan studi kasus yang sedang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lazismu Kabupaten Sidoarjo telah menerapkan langkah optimalisasi pengalokasian dana ZIS sebagai bagian dari upaya pengentasan kemiskinan. Program pemberdayaan UMKM juga berjalan maksimal, berdasarkan pemenuhan kebutuhan usaha para <em>mustahik</em>. Berdasarkan penilaian <em>maqāṣhid syarī'ah</em> dapat dinyatakan telah memenuhi kelima aspek tingkat <em>maqāṣhid syariah</em>, meskipun masih ada yang belum mencapai level maksimal.</p> 2024-05-23T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16645 ANALISIS PEMBIAYAAN IJARAH MUNTAHIYA BITTAMLIK PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARI’AH DI INDONESIA : STUDI NVIVO DAN LITERATUR REVIEW 2024-03-20T20:34:27+07:00 Badrus Sholeh [email protected] Rohmadi [email protected] Maretha Ika Prajawati [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pembiayaan <em>Ijarah Muntahiya Bittamlik</em> pada lembaga keuangan syari’ah di Indonesia menggunakan pendekatan NVivo. Penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif dengan pendekatan NVivo dan <em>literature review</em>. Teknik analisis data meliputi : (1) Memetakan jumlah kode artikel berita berdasarkan analisa kualitatif seperti pengertian, mekanisme, produk dan hukum, seputar “IMBT” menggunakan <em>software</em> NVivo 14; (2) Memetakan hasil visualisasi dengan diagram hierarki dan menguji korelasi hubungan antara artikel media menggunakan analisa kualitatif; (3) Memetakan topik penelitian dengan <em>Worldcloud</em> atau kumpulan kata yang sering dibahas pada artikel media ; dan (4) Menguji nilai signifikan antara artikel media untuk mengetahui besar atau kecilnya suatu korelasi seputar topik “IMBT”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa topik yang sering dibahas pada artikel media mengenai IMBT adalah pengertian dan mekanisme IMBT. Sedangkan topik yang jarang dibahas oleh artikel media mengenai IMBT adalah pengertian dan hukum. Implikasi penelitian ini menunjukan studi pendekatan NVivo dan <em>literatur review</em> dapat menjadi rekomendasi untuk peningkatan literasi kepada masyarakat mengenai pembiayaan IMBT melalui artikel media.</p> 2024-05-23T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16106 PENERAPAN ANALISIS SWOT PADA STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PRODUK TABUNGAN EASY WADIAH DI BSI KC SIDOARJO JENGGOLO 2024-01-24T11:22:38+07:00 Yulia Ratna Anggraini [email protected] Fitri Nur Latifah [email protected] <p>Tabungan <em>easy wadiah</em> adalah salah satu rekening tabungan yang ditawarkan oleh Bank Syariah Indonesia KC Sidoarjo Jenggolo, dengan tujuan supaya nasabah dapat menyimpan uang dan bertransaksi secara mudah dan juga murah. Karena kurangnya pengetahuan tentang produk di Bank Syariah Indonesia, sebagian masyarakat masih menganggap sama dengan bank kovensional. Oleh karena itu, Bank Syariah Indonesia harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat guna meningkatkan pangsa pasar pengguna tabungan <em>easy wadiah</em>. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan melakukan teknik observasi, dokumentasi, studi pustaka dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembukaan tabungan <em>easy wadiah</em> meningkat di setiap hari. Hal tersebut tidak terlepas dari kegiatan promosi yang dilakukan Bank Syariah Indonesia KC Sidoarjo Jenggolo dengan menerapkan bauran pemasaran meliputi p<em>roduct, place, promotion, place, people, process, physical evidence. </em></p> 2024-05-25T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/17198 PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP LOYALITAS NASABAH MELALUI CITRA BANK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK SYARIAH DI KOTA PEKANBARU 2024-05-24T19:26:32+07:00 Mufti Hasan Alfani [email protected] Hendra Eka Saputra [email protected] Milani [email protected] Sri Okta Bella [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh religiusitas terhadap loyalitas nasabah melalui citra bank sebagai variabel <em>intervening</em> pada bank syariah di Kota Pekanbaru. Dengan populasi dalam penelitian ini adalah nasabah bank syariah di Kota Pekanbaru dan mengambil sampel sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kausalitas atau hubungan pengaruh menggunakan teknik analisis SEM <em>(stuctural equation model</em>) dengan <em>Analisis Partial Least Square (PLS)</em> yang merupakan pendekatan alternatif yang bergeser dari pendekatan SEM berbasis <em>covariance</em> menjadi berbasis <em>variance</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) religiusitas berpengaruh terhadap loyalitas nasabah bank syariah di Kota Pekanbaru, 2) religiusitas berpengaruh terhadap citra bank syariah di Kota Pekanbaru, 3) citra bank memediasi pengaruh Religiusitas terhadap loyalitas nasabah bank syariah di Kota Pekanbaru.</p> 2024-05-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16248 DOES FINANCIAL RATIO HAVE AN IMPACT ON THE GROWTH OF SHARIA BANKING IN THE WORLD 2024-02-05T06:05:25+07:00 Dhiya Ulhaq Arkaan [email protected] Eka Wahyu Hestya Budianto [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh BOPO, CAR, dan FDR terhadap profitabilitas perbankan syariah dunia (ROA) dengan NPF sebagai variabel moderasi periode 2018-2022. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan sampel 12 bank syariah terbesar di dunia berdasarkan total aset. Analisis data menggunakan regresi data panel dengan pendekatan <em>random effect model</em>. Hasil penelitian menunjukkan BOPO berpengaruh positif signifikan terhadap ROA, CAR berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA, dan FDR berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. Sedangkan NPF tidak mampu memoderasi pengaruh BOPO, CAR, dan FDR terhadap ROA bank syariah. Penelitian ini berkontribusi pada literatur kinerja keuangan perbankan syariah dengan membuktikan pengaruh rasio keuangan utama terhadap profitabilitas di tengah pandemi COVID-19 dan perang Rusia-Ukraina. Saran bagi bank syariah adalah meningkatkan manajemen resiko pembiayaan dan melakukan inovasi produk untuk menarik pendanaan dari berbagai segmen masyarakat.</p> 2024-05-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16341 THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY AND RELATIONSHIP QUALITY ON CUSTOMER LOYALTY THROUGH CUSTOMER SATISFACTION WITH GENDER AS A MODERATION VARIABLE 2024-02-14T12:32:19+07:00 Tazkiya Shofiyatuz Zahro [email protected] Titis Miranti [email protected] <p> </p> <p>Perbankan syariah harus mampu mempertahankan keunggulan kompetitif dengan cara meningkatkan dan mempertahankan kualitas layanannya, memenuhi kebutuhan nasabah dan menumbuhkan loyalitas nasabah. Kepuasan merupakan salah satu faktor yang membuat nasabah setia kepada perbankan. Seorang nasabah pasti akan melakukan transaksi terhadap suatu produk atau jasa secara berulang kali jika mereka merasa puas dengan produk atau jasa tersebut. Disisi lain <em>gender</em> menjadi salah satu faktor yang mungkin berdampak pada perilaku konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh <em>service quality</em> dan <em>relationship quality</em> terhadap <em>customer loyalty</em> melalui <em>customer satisfaction</em> dengan <em>gender</em> sebagai variabel moderasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia di Malang Raya. Sampel penelitian ini berjumlah 250 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan SEM-PLS dengan <em>software SmartPLS</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>service quality, relationship quality </em>dan<em> customer satisfaction</em> berpengaruh signifikan terhadap <em>customer loyalty</em>. Lebih lanjut, <em>service quality</em> dan <em>relationship quality</em> berpengaruh signifikan terhadap <em>customer satisfaction</em>. Lebih lanjut, keberadaan <em>customer satisfaction</em> mampu memediasi <em>service quality</em> dan <em>relationship quality</em> terhadap <em>customer loyalty</em>. Untuk pengaruh moderasi, <em>gender</em> tidak mampu memoderasi pengaruh <em>service quality</em> dan <em>relationship quality</em> terhadap <em>customer loyalty</em>. Berdasarkan hal tersebut, keberadaan <em>customer satisfaction</em> mampu meningkatkan <em>customer loyalty</em>. Kemudian pihak bank tidak perlu mengkhawatirkan terkait dengan <em>gender</em>, karena dalam hal ini <em>gender</em> tidak mampu memoderasi <em>customer loyalty</em>.</p> 2024-05-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16245 PENGARUH ASSET PRODUKTIF DAN PERFORMING FINANCING (NPF) TERHADAP LABA PADA BANK BCA SYARIAH 2024-02-04T11:28:08+07:00 Fiya Nuri Khasanah [email protected] Diah Krisnaningsih [email protected] <p>Laba adalah indikator yang digunakan untuk menilai sejauh mana bank mampu mengelola semua asset produktifnya secara efisien untuk mencapai keuntungan yang lebih besar. Sedangkan NPF adalah kredit bermasalah dari total kredit yang telah disalurkan. Bank dengan tingkat kredit macet yang tinggi biasanya memiliki tingkat efisiensi yang rendah, maka dapat mengurangi partumbuhan profit atau laba. Sebaliknya, jika bank memiliki tingkat kredit macet yang rendah cenderung lebih efisien meningkatkan pertumbuhan laba. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel asset produktif dan NPF terhadap laba pada Bank BCA Syariah tahun 2018-2022. Metode dan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dan data sekunder yang diperoleh dari <em>website</em> Bank BCA Syariah dengan analisis data yang diolah dengan IBM SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel asset produktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih tahun berjalan dan variabel NPF berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih tahun berjalan. Hasil uji f (simultan) asset produktif dan NPF berpengaruh signifikan terhadap laba bersih tahun berjalan. Adapun uji koefisien determinasi (<em>Adjusted R Square</em>) sebesar 0,959 atau sebesar 95,9%. Hal ini menunjukkan bahwa asset produktif dan NPF berkontribusi sebesar 95,9% terhadap laba bersih tahun berjalan.</p> 2024-06-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16397 PENGARUH ZAKAT TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DENGAN MODEL SHARIA CONFORMITY AND PROFITABILITY (SCnP) DI INDONESIA 2024-02-24T11:20:01+07:00 Citra Etika [email protected] Adib Fachri [email protected] Ilma Amalia [email protected] <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh zakat terhadap kinerja keuangan dengan model <em>Sharia Conformity </em>dan <em>Profitability</em> (SCnP) di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian menggunakan Bank Umum Syariah (BUS) yang terdaftar di Otorisasi Jasa Keuangan (OJK) periode 2018-2022. Sampel yang digunakan 7 Bank Umum Syariah (BUS) dengan tekhnik pemilihan sampel <em>Purposive Sampling</em>. Data yang digunakan data sekunder diperoleh dari laporan tahunan yang dipublikasi melalui <em>website </em>resmi masing-masing perbankan periode 2018-2022. Teknik analisis yang digunakan, analisis regresi data panel dengan aplikasi <em>software Eviews-10</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Zakat berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (<em>Sharia Conformity</em>) di Indonesia. Sedangkan Zakat tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan (<em>Profitability</em>) di Indonesia. Kesimpulan penelitian ini kinerja keuangan (<em>Sharia Conformity</em>) Bank Umum Syariah telah menjalankan kegiatan penyaluran zakat secara prinsip syariah dan mengakibatkan sinyal investor/<em>stakeholders </em>meningkat untuk melakukan aktivitas kepada Bank Umum Syariah, selanjutnya kinerja keuangan (<em>Profitability</em>) di Indonesia, artinya masih terdapat beberapa Bank Umum Syariah yang belum memiliki kebijakan terkait pengeluaran zakat perusahaan sedangkan jika dilihat dari segi laba perusahaan Bank Umum Syariah telah memenuhi <em>nisab</em> untuk dikeluarkan zakatnya tetapi manajemen Bank Umum Syariah belum mengutamakan orientasi zakat dalam operasional perusahaan.</p> 2024-06-05T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16664 STUDI KOMPARATIF TINGKAT KESEHATAN BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL DENGAN PENGUKURAN RASIO RENTABILITAS 2024-03-23T15:15:35+07:00 Apriani Simatupang [email protected] Eduard Ary Binsar Naibaho [email protected] <p>Artikel ini menampilkan analisis komparatif tingkat kesehatan finansial antara bank syariah dan bank konvensional melalui rasio rentabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perbedaan mendasar dalam model operasional, strategi bisnis, dan prinsip keuangan antara kedua jenis bank tersebut, yang sangat penting bagi pemangku kepentingan seperti investor, pelanggan, dan regulator dalam mengevaluasi kinerja finansial, resiko, dan potensi pertumbuhan. Dengan fokus pada ROA, ROE, dan NIM sebagai indikator rentabilitas, studi ini melibatkan bank konvensional dan syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2014 hingga 2023. Pendekatan metodologi menggunakan sampel purposif untuk memilih bank konvensional dan syariah yang telah menerbitkan laporan keuangan tahunan selama periode tersebut. Analisis menggunakan uji t sampel independen untuk meneliti apakah terdapat perbedaan statistik yang signifikan dalam rasio rentabilitas antara dua tipe bank. Hasil menunjukkan bahwa bank syariah cenderung menunjukkan rasio rentabilitas yang lebih tinggi dan variabilitas yang lebih rendah, menunjukkan kesehatan finansial bank syariah yang lebih kuat dibandingkan dengan bank konvensional. Temuan ini memberikan kontribusi pada pemahaman yang lebih luas mengenai stabilitas finansial dan resiko operasional dari sistem perbankan, dengan implikasi terhadap keputusan investasi, pengelolaan dana, dan kepatuhan regulasi.</p> 2024-06-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/17390 ANALISIS PERAN RELEGIUSITAS DAN LITERASI DALAM PROSES AKAD KERJASAMA (SYIRKAH) DALAM KEBERLANJUTAN DUNIA USAHA DI RIAU. 2024-06-05T10:23:41+07:00 Dodi Okri Handoko [email protected] Dina Hidayat [email protected] <p>Dunia usaha sudah menjadi alternatif pilihan ditengah sempitnya lapangan pekerjaan, sehingga pertumbuhan pelaku usaha meningkat tajam, khususnya di Kota Pekanbaru, berdasarkan data statisitik Propinsi Riau ada 45.795 UMKM tercatat yang terkait langsung dengan usaha terhadap barang dan jasa, dan sekitar 7 persen dari UMKM tersebut melakukan usaha dengan metode kemitraan (<em>syirkah</em>) atau lebih kurang 6421 UMKM. Dalam praktek kemitraan tersebut di lakukan karena ada beberapa keutamaan dan keunggulan di antaranya meminimalisir biaya adminitrasi yang dibebankan pihak industri keuangan seperti bank atau koperasi, di lain sisi pembiayaan langsung (<em>direct financing</em>) tersebut mudah dan efesien karena tidak melalui birokrasi yang panjang. Walaupun masih ada kendala di lapangan baik teknis dan non teknis, dengan dimikian perlu ada beberapa hal yang penting yang harus di perhatikan terutama peran religiusitas dan literasi yang terlebih dahulu harus dimiliki oleh pelaku usaha dan pebisnis dalam menjalankan aktivitas usaha, melibatkan orang lain untuk <em>joint</em> modal maupun tenaga. Fakta di lapangan banyak terjadi sengketa dan perselisihan yang berujung kepada kebangkrutan dan bubarnya usaha, tentu ini karena minimnya literasi dan rasa amanah yang dimiliki para pelaku usaha, maka tulisan ini berusaha menjelaskan langkah-langkah pendahulu sebelum terjun kedunia usaha yang melibatkan orang lain.</p> 2024-06-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/17532 PELAKSANAAN DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BANK SYARIAH INDONESIA BERDASARKAN INDEKS ISLAMIC SOCIAL REPORTING 2024-06-11T12:01:22+07:00 Hidayat [email protected] Syaefulloh [email protected] Zulhelmy [email protected] <p><em>Corporate Social Responsibility</em> (CSR) merupakan proses pengkomunikasian dampak sosial dari kegiatan ekonomi yang dilakukan. Pengungkapan dapat menjadi indikasi mengukur terlaksananya tanggungjawab berdasarkan analisis indeks <em>Islamic Social Reporting</em> (ISR) dilakukan pada PT. BSI KC Sudirman 1 Pekanbaru berdasarkan indeks ISR, sehingga diketahui kesesuaiannya dengan nilai, norma, prinsip bermuamalah di dalam Islam. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa secara umum pelaksanaan dan pengungkapan CSR pada PT. BSI KC Sudirman 1 Pekanbaru belum memenuhi keseluruhan dari indikator indeks ISR dari 6 bidang indikator berdasarkan ISR. Karena, untuk 5 bidang penilaian dalam ISR dilakukan melalui program lain yang ditawarkan kepada nasabah. Misalkan bidang pendanaan dan investasi dalam meningkatkan perekonomian dilakukan melalui pinjaman KUR dan Non-KUR. Namun secara spesifik, pelaksanaan CSR sudah memenuhi indikator bidang sosial dengan indikator sedekah dan kepedulian terhadap anak yatim. Untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan pengaruh pinjaman KUR dan NonKUR terhadap Kesejahteraan.</p> 2024-06-12T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/15092 ANALISIS RETURN DAN RISK REKSA DANA SAHAM SYARIAH PADA OJK SEBELUM DAN SAAT COVID-19 DI INDONESIA 2023-12-04T11:01:32+07:00 Alfiandira Simalango [email protected] Rosyetti [email protected] Any Widayatsari [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan <em>return</em> dan <em>risk</em> reksa dana saham syariah sebelum dan pada saat pandemi Covid-19 di Indonesia periode 2017-2022. Populasi dalam penelitian ini 54 perusahaan reksa dana saham syariah yang terdaftar pada OJK dalam setiap periode. Sampel yang diambil sebanyak 14 perusahaan dengan metode pengambilan sampel menggunakan <em>random sampling</em>. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang di dapat dari data historis statistik reksa dana saham syariah dari <em>website </em>Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Data nilai aktiva bersih (NAB) diambil dari total nilai aktiva bersih masing-masing perusahaan yang diperoleh dari <em>website </em>reksa dana OJK setiap bulan selama periode 2017-2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon (Wilcoxon’s <em>signed ranktest</em>) dalam penarikan kesimpulan berdasarkan uji Wilcoxon didapatkan nilai sginifikan &lt; 0,05 yaitu dengan sebesar 0,006 untuk <em>return</em>. Kemudian uji Wilcoxon didapatkan nilai signifikan &gt; 0,05 yaitu sebesar 0,074 untuk <em>risk</em>. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara tingkat return reksa dana saham syariah pada OJK sebelum dan pada saat pandemi Covid-19 dan tidak terdapat perbedaan antara tingkat <em>risk</em> reksa dana saham syariah pada OJK sebelum dan pada saat pandemi Covid-19.</p> 2024-06-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16554 ADOPTION OF THE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) IN LINKAJA SYARIAH INDONESIA DIGITAL PAYMENT SERVICE 2024-03-12T23:49:38+07:00 Ariana Sindi Multi [email protected] Budi Sukardi [email protected] Eko Asmanto [email protected] <p>Kehadiran layanan teknologi finansial dan inovasi produk layanan digital telah menjadi revolusi industri dan persaingan global dalam memajukan industri keuangan berbasis teknologi, namun pemenuhan layanan teknologi finansial belum mampu memenuhi nilai-nilai kepatuhan syariah. Penelitian ini menguji pengaruh persepsi kemudahan penggunaan terhadap persepsi kebermanfaatan penggunaan, niat perilaku untuk menggunakan, dan penggunaan sistem secara aktual pada pengguna layanan LinkAja Syariah di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi masyarakat Kota Surakarta dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan <em>Partial Least Squares Structural Equation </em><em>Model</em> dengan Smart-PLS3. Penelitian membuktikan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap persepsi kemanfaatan pembayaran digital pada layanan LinkAja Syariah. Persepsi Kemanfaatan dan Kemudahan Penggunaan berpengaruh signifikan terhadap Niat Perilaku untuk menggunakan LinkAja Syariah. Niat perilaku untuk menggunakan dan kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan sistem aktual LinkAja Syariah. Persepsi Kebermanfaatan tidak berpengaruh terhadap sistem aktual penggunaan LinkAja Syariah.</p> 2024-06-17T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16098 PENGARUH TIMES INTEREST EARNED RATIO (TIER) DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP RETURN ON EQUITY (ROE) PADA BCA SYARIAH 2024-01-24T09:56:46+07:00 Wardha Nishai [email protected] Diah Krisnaningsih [email protected] <p>ROE ialah rasio yang dipergunakan dalam pengukuran laba bersih setelah pajak dengan modalnya sendiri. Rasio ini menjelaskan keefesiennya dalam menggunakan modal sendiri yang dimana semakin tinggi nilai rasionya maka semakin baik. Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruh TIER, DER terhadap ROE pada BCA Syariah Periode 2018-2022. Jenis penelitin ini ialah penelitian kuantitatif dengan memanfaatkan data sekuder yang berasal dari laporan keuangan bulanan. Sementara pada teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menjelaskan adanya pengaruh positif dan signifikan antara TIER terhadap ROE, terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara DER terhadap ROE dan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara TIER dan DER terhadap ROE pada BCA Syariah Periode 2018-2022.</p> 2024-06-19T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/17557 PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN BANK SYARIAH MELALUI PEMBERDAYAAN KARYAWAN 2024-06-12T20:43:02+07:00 Muhammad Arif [email protected] Zulfadli Hamzah [email protected] Zulkifli [email protected] Fajar Putri [email protected] <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kinerja bank syariah di Indonesia apabila dibandingkan dengan potensi yang dimiliki yaitu negara dengan populasi penduduk Muslim terbesar didunia. Rendahnya pasaran bank syariah ini di sebabkan oleh berbagai faktor, salah satu faktor yang dominan adalah sumber daya manusia (SDM). Salah satu permasalah SDM pada bank syariah adalah kurangnya pemberdayaan yang dilakukan terhadap karyawannya, sehingga komitmen organisasi yang dimiliki oleh karyawan belum optimal dan tingginya <em>turn over </em>karyawan bank syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberdayaan karyawan dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan bank syariah, baik secara langsung maupun melalui variabel mediasi. Populasi penelitian ini adalah 941 orang karyawan dengan sampel sejumlah 273 orang karyawan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa kuesioner penelitian. Penelitian ini termasuk kepada penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pemberdayaan karyawan dan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan kepada kinerja karyawan bank syariah.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16325 PENGARUH ASET PRODUKTIF DAN ASET NON PRODUKTIF TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK KB BUKOPIN SYARIAH 2024-02-12T08:43:39+07:00 Rihhadatul Aisy Febrianti [email protected] M. Ruslianor Maika [email protected] <p>Kemampuan bank dalam menghasilkan keuntungan secara efisien dan efektifitas dengan pemanfaatan aktiva yang dimiliki merupakan profitabilitas. Aset produktif adalah investasi atas penempatan aktiva untuk diproduktifkan untuk memperoleh pendapatan. Aset non produktif sebagai aset yang memiliki tingkat resiko diharapkan berpengaruh terhadap perputaran dana agar stabilitas bank tetap terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh aset produktif dan non produktif terhadap profitabilitas pada Bank KB Bukopin Syariah periode 2014–2022. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dekriptif dengan sampel penelitian menggunakan laporan bulanan yang telah terpublikasi pada website Bank KB Bukopin Syariah kemudian diolah dengan IBM SPSS.26. Analisis regresi linier berganda menjadi teknik untuk pengujian asumsi klasik tentang profitabilitas (Y), aset produktif (X1) dan aset non produktif (X2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh aset produktif secara signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan aset non produktif berpengaruh negatif tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance https://journal.uir.ac.id/index.php/tabarru/article/view/16270 ANALISIS KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF TERHADAP EFEKTIVITAS BIAYA PEMASARAN DI BANK UMUM SYARIAH 2024-02-06T12:21:05+07:00 Nurul Istifadhoh [email protected] <p>Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memahami pengaruh kualitas aktiva produktif terhadap efektivitas biaya pemasaran di bank syariah sejak November 2021 sampai Oktober 2023. Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu bank syariah di Indonesia sedangkan pemilihan sampel pada Bank Umum Syariah. Data yang dipakai didapat dari laporan statistik lewat situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pengujian hipotesis memakai analisis regresi sederhana dengan menggunakan <em>sof</em><em>t</em><em>ware IBM SPSS Statistcis 27</em> dan teknik analisis data memakai uji asumsi klasik, uji statistik t dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil analisis dan pembahasan mengarahkan bahwa kualitas aktiva produktif mempunyai pengaruh positif tidak signifikan terhadap efektivitas biaya pemasaran.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance