PRAKTIK BAGI HASIL MUDHARABAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BPRS AMPEK ANGKEK CANDUNG SUMATERA BARAT

Authors

  • Lukman Hakim Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Khodijah Ishak Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Adek Herlina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Ratih Febriyani 5Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis
  • Dyanna Ernest Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(1).8380

Keywords:

Bagi Hasil, Mudharabah, Jumlah Nasabah, BPRS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bagi hasil dengan peningkatan jumlah nasabah PT. BPRS Ampek Angkek Candung Sumatera Barat pada tahun 2018 yang disebabkan karena adanya bencana alam yang terjadi di Sumatera Barat, hal ini mengakibatkan banyak nasabah yang menutup rekening dan menarik dananya untuk keperluan kesehatan dan pembayaran kerugian hasil bencana alam tersebut. Lima tahun belakangan PT. BPRS Ampek Angkek Candung mengalami krisi keuangan. Hal itu disebabkan oleh margin pembiayaan yang menurun dan juga tingkat kredit macet semakin tinggi, hal ini sangat mempengaruhi tingkat bagi hasil tabungan mudharabah. Dari hasil analisa dapat dilihat bahwa nasabah tidak melihat tingkat bagi hasil yang ditetapkan BPRS untuk tabungan mudharabah, nasabah lebih melihat kemudahan dan fasilitas yang diberikan oleh PT. BPRS Ampek Angkek Candung. Hal ini bisa dilihat dari hubungan terbalik antara tingkat bagi hasil mudharabah dengan jumlah nasabah yang menabung di PT. BPRS Ampek Angkek Candung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Kholifatul. 2012. Pelaksanaan Nisbah Bagi Hasil Revenue Sharing Akad Mudharabah Di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Muamalat Harkat Bengkulu. Skripsi Sarjana, Program Studi Ekonomi Islam. IAIN Bengkulu.

Anisah, Yuli Mizan. 2012. Pengaruh Sistem Profit Sharing Terhadap Keinginan Nasabah Untuk Berinvestasi pada Baitul Maal Taamwil (BMT) di Kota Banda Aceh. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1).

Diana, Susanti Mei. 2017. Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di BMT Bina Umat Sejahtera Kalijambe. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Khasanah, Yulika., & Gunawan, Ari Indra. 2014. Pengaruh Sistem Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah di Kota Cirebon. Jurnal Educonomi Volume, 2(1), p. 37-46.

Lindiawatie., & Shareza, Dhona. 2018. Peran Koperasi Syariah BMT Bumi Dalam Meingkatkan Kualitas Usaha Mikro. Al-Urban : Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropi Islam, 2(1), p. 1-12.

Mubarok, Jaih. 2013. Hukum Ekonomi Syariah : Akad Mudharabah. Fokusmedia. Bandung.

Muhammad. 2016. Sistem Bagi Hasil Dan Pricing Bank Syariah. UII Press. Yogyakarta.

Munthe, Safaruddin. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Pada Tabungan Mudharabah di Bank Muamalat Cabang Balai Kota. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

Mursalina, Desi. 2017. Pengaruh Pelayanan, Produk Tabungan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Pada Produkpembiayaan Produktif Investasi IB Bank Sumsel Babel Syariah Kantor Cabang Palembang. Skripsi, UIN Raden Fatah Palembang.

Rakhmah, Silvia Miftakhur., & Wahyuni, Sri. 2016. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menabung di Perbankan Syariah. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial (JPE), 10(1).

Samsudin, Muhammad. 2012. Persepsi Nasabah Terhadap Sistem Bagi Hasil Di Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Skripsi, IAIN Mataram.

Saputri, Riska. 2017. Pengaruh Bagi Hasil Tabungan Mudharabah Dan Deposito Mudharabah Terhadap Laba Bersih PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk Periode 2009-2016. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sari, Novita Erliana., Amah, Nik., & Wirawan, Yahya Reka. 2017. Penerapan Bagi Hasil dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Menabung Pada Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Madiun. Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(2), p. 60-67.

Sumitro, Warkum. 2015. Asas-asas Perbankan Islam Lembaga-lembaga Terkait di Indonesia. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Wahab, Wirdayani. 2016. Pengaruh Tingkat Bagi hasil Terhadap Minat Menabung. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 1(2), p. 167-184.

Downloads

Published

2022-01-05