PENERAPAN STRATEGI THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII1 SMP NEGERI 9 PEKANBARU

  • Vanesya Intan Belinda Universitas Islam Riau
  • Sri Rezeki Universitas Islam Riau
  • Rezi Ariawan Universitas Islam Riau
Keywords: StrategiThe Power Of Two, Hasil Belajar Matematika Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan  meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan strategi the power of two. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII1 SMP Negeri 9 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018 sebanyak  36 siswa  yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian berlangsung dari tanggal 06 September 2017 sampai dengan tanggal 23 September 2017. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik pengamatan dan teknik tes. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa semakin baik dan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran strategi the power of two. Selanjutnya terjadi peningkatan hasil belajar terlihat dari jumlah siswa yang mencapaiKKM pada skordasar ada 17 siswa (47, 22%), pada ulangan harian I terjadi peningkatan  menjadi 23siswa (63,88 %), dan pada ulangan harian II terjadi peningkatan lagi menjadi 29 siswa (80,55%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi the power of two dalam pembelajaran  di kelas VII1 SMP Negeri 9 Pekanbaru dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok bilangan pecahan tahun pelajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. BSNP. Jakarta.
Depdiknas. (2003). UU No. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II Pasal 3. Jakarta: Depdiknas
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Rezeki, S. 2009. Analisis Data dalamPenelitianTindakanKelas.Makalah, disajikandalam Seminar PendidikanMatematika Guru SD/SMP/SMA se-Riau padatanggal 7 November 2009.Universitas Islam Riau: Pekanbaru.
Rianto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Syah, M. 2011. Psikologi Pedidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wardhani, I. dkk. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Published
2019-04-06
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times