PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII SMP

  • Tria Ardhiana Wirdhaningrum Universitas Islam Riau
  • Armis Armis Universitas Riau
  • Sindi Amelia Universitas Islam Riau
Keywords: Perangkat pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTL), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Lembar Kerja Peserta Didik.

Abstract

Penelitian pengembangan perangkat berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi kubus dan balok ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis CTL pada materi kubus dan balok yang memenuhi aspek valid dan praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa RPP dan LKPD dengan pendekatan CTL. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi R&D yang melalui tahap-tahap yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validitas desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; dan (8) produk akhir. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket validasi RPP dan LKPD, angket respon guru dan siswa, serta angket keterlaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner non tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan RPP sebesar 89,02% dan nilai kevalidan LKPD sebesar 76,24%. Hasil kepraktisan RPP sebesar 76,78%, hasil kepraktisan LKPD sebesar 91,76%, serta hasil keterlaksanaan pembelajaran telah terlaksana secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penilitian perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatanCTL pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII SMP telah menghasilkan RPP yang sangat valid dan cukup praktis, serta LKPD yang cukup valid, dan sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fitri, R. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 Sekolah Dasar (Penelitian Pengembangan Dengan Materi Volume Kubus dan Balok di SD IT Al-Fityah)
Hakim, M. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Pokok Himpunan Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Skripsi. FMIPA. Yogyakarta
Hasbullah. 2011. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rajawali Pers
Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru.Jakarta: PT Raja Grafindo
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, kualitatif, dan R &D ). Bandung: Kencana
Su’udiah, F., Degeng N.S., dan Kuswandi, D. 2016. Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan Volume 1 nomor 9. Hlm 1744-1748
Published
2019-04-06
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 2 times