PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL KELAS VIII SMPN 4 PEKANBARU BERDASARKAN KURIKULUM 2013

  • Sartika Apriliani Universitas Islam Riau
  • Sari Herlina Universitas Islam Riau
  • Astri Wahyuni Universitas Islam Riau
Keywords: Pengembangan, Instrumen Tes, Pilihan Ganda

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan instrumen tes hasil belajar matematika yang diketahui tingkat validitas dan reliabilitasnya, (2) melakukan analisis butir soal pada instrumen tes hasil belajar matematika.  Pengembangan instrumen tes ini menggunakan metode pengembangan R&D dengan model pengembangan modifikasi Sugiyono. Produk penelitian ini adalah instrumen tes  berbentuk tes objektif pilihan ganda dengan 40 butir soal dan terdiri atas 4 option. Produk divalidasi oleh 2 Dosen Pendidikan Matematika UIR dan 1 Guru Matematika SMPN 4 Pekanbaru, serta diuji cobakan pada kelas uji coba yaitu kelas VIII.1 dan VIII.2 yang berjumlah 65 orang siswa. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan (1) tingkat kevalidan “cukup valid” yaitu 82,25% dan tingkat reliabilitas yang “tinggi” yaitu 0,78; (2) hasil analisis butir soal dari 40 butir soal yang diperoleh (a) tingkat kesukaran dengan kategori “mudah” 29 soal (72,5%), kategori “sedang” 10 soal (25%), kategori “sukar” 1 soal (2,5%), (b) daya pembeda dengan kategori “jelek” 25 soal (62,5%), kategori “cukup” 9 soal (22,5%), kategori “baik” 6 soal (15%), (c) analisis fungsi pengecoh terdapat 12 option (10%) yang tidak berfungsi dari 120 pengecoh (d) validitas butir soal dengan kategori “kuat” 9 soal (22,5%), kategori “cukup” 24 soal (60%), kategori “rendah” 6 soal (15%), tidak valid 1 soal (2,5%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Basuki, I & Hariyanto.2014. Assesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hamzah, A. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Purwanto, N. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudijono, A. 2013. Pengantar
Published
2019-04-06
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times