PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP KELAS VIII

  • Sahrul Sahrul Universitas Riau
Keywords: Kemampuan komunikasi matematik

Abstract

Salah satu isu penting dalam proses pembelajaran  matematika  yang menjadi perhatian saat ini, adalah pengembangan komunikasi matematika siswa. Komunikasi matematik mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan proses-proses matematik yang lain, seperti pemecahan masalah, representasi, refleksi, penalaran dan pembuktian, serta koneksi, dimana komunikasi diperlukan untuk melengkapi dari setiap proses matematik yang lain sedangkan  komunikasi matematik siswa kebanyakan masih rendah. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk  mendeskiripsikan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018 di Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 34 Pekanbaru dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes soal essay (uraian). Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya kemampuan komunikasi matematik siswa SMP pada materi Kubus dan Balok masih tergolong cukup baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansari, B. I. 2012. Komunikasi Matematik dan Politik. Banda Aceh: Yayasan Pena
Musfiqon, H.M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Saleh H, Dkk. (2016). Peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui pembelajaran matematika realistic (PMR). Dalam Infinity Jurnal.Vol 5, no.1. (20-04-2018).
Nelli Ma’rifat S, Fitri W. (2014). Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan pecahan. Dalam jurnal JKPM.Vol 1, no.2, (20-04-2018).
Aloisius (2015). Pentingnya kemampuan komunikasi matematika bagi mahasiswa calon guru. Jurnal Gema Wiralodra, Volume 7, Nomor 1 (20-04-2018).
Runtyani. I. P (2011), Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching dengan Model Pembelajaran Kooperatif di Kelas VIII-D SMP Negeri 4 Magelang. Skripsi UNY. (20-04-2018).
Khoirunnisa,(2016), Keefektifan Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review (PQ4R) terhadap Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis. Skripsi UNS (20-04-2018).
Nurul Husna, Mariyam, dan Nadea Maudi. (2016). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Dalam Jurnal JPMI Volume 1 no 1. (20-04-2018).
Laili Fauziah Sufi (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajarn PROBLEM BASED LEARNING. Dalam Jurnal KNPMP 1 UMS. (20-04-2018).
Endang Wahyuningrum. (2013). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik Dengan MEAs. Dalam Jurnal Pendidikan Volume 14 No 1. (20-04-2018).
Siti Chotimah . (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP di Kota Bandung Dengan Pendekatan REALISTIC MATHEMATICS EDUCATIONS Pada Siswa SMP di Kota Bandung. Dalam Jurnal Didaktik Volume 9 No 1. (20-04-2018).
Elli Kusumawati, Manopo. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran QUANTUM Pada Materi Garis dan Sudut di SMPN 13 Banjarmasin. Dalam Jurnal Edu-Mat Volume 4 No 2. (20-04-2018).
Agni Danaryanti, Herlina Noviani. ( 2015). Pengaruh Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas VII Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika di SMP. Dalam Jurnal Edu-Mat Volume 3 No 2. (20-04-2018).
Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Dalam Jurnal AdMathEdu Volume 7 No 1. (20-04-2018).
Published
2019-04-06
Abstract viewed = 6 times
PDF downloaded = 2 times