PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 6 SMA NEGERI 10 PEKANBARU

  • Rani Pansila Putri Universitas Islam Riau
  • Alzaber Alzaber Universitas Islam Riau
  • Putri Wahyuni Universitas Islam Riau
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, dan Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 10 Pekanbaru melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif. Penelitian ini dilakukan semester genap tahun 2017/2018.Penelitian berlangsung pada 5 Februari 2018 sampai dengan 28 Februari 2018.Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 10 Pekanbaru sebanyak 39 siswa.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik pengamatan dan tes hasil belajar. Teknik pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung mengenai aktivitas guru dan aktivitas siswa. Teknik tes dilakukan melalui ulangan harian I dan ulangan harian II. Hasil pengamatan kemudian dianalisis secara kualitatif, sedangkan hasil tes belajar dianalisis secara kuantitatif dengan analisis ketercapaian KKM setiap indikator, dan analisis  rata-rata hasil belajar dengan membandingkan skor sebelum tindakan dengan sesudah tindakan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 10 Pekanbaru.  Peningkatan proses pembelajaran dapat terlihat dari lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Untuk hasil belajar terlihat dari jumlah siswa yang tuntas pada skor dasar yaitu 16 orang siswa (41,03%) meningkat pada ulangan harian I menjadi 20 orang siswa (51,28%), kemudian pada ulangan harian II meningkat menjadi 26 orang siswa (66,67%). Begitu juga rata-rata hasil belajar siswa pada skor dasar adalah 74,92 pada ulangan harian I adalah 77,82 dan pada ulangan harian II menjadi 82,97. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 10 Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Standar Isi KTSP. Jakarta: BSNP.
Kunandar. 2013. Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Rezeki, Sri. 2009. Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas ditampilkan pada Seminar Pendidikan Matematika Guru SD/SMP/SMA se-RIAU 2009. Pekanbaru: FKIP UIR.
Riduwan dan Sunarto. 2013. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina 2012.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Published
2019-04-06
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times