PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI EMOTIONAL QUOTIENT PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Ramon Muhandaz Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rena Revita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Riu Noveani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Risnawati Risnawati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Erdawati Nurdin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Mizan Abrory Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Emotional Quotient, Pemecahan Masalah, Problem Based Instruction

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan komponen kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Salah satu upaya untuk menyikapi masalah kemampuan pemecahan masalah matematis adalah melalui pemilihan model pembelajaran. Model Problem Based Instruction merupakan suatu model pembelajaran yang didasarkan pada banyaknya permasalahan yang membutuhkan penyelidikan nyata dari permasalahan yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Instructiondengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari  Emotional Quotient tinggi, sedang, dan rendah pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk hipotesis 2 dan 4, uji-t’ untuk hipotesis 1 dan uji Mann Whitney U untuk hipotesis 3. Hasil hipotesis menunjukan bahwa untuk hipotesi pertama diperoleh thitung lebih dari ttable, untuk hipotesis kedua diperoleh thitung lebih dari ttabel, dan untuk hipotesis ketiga diperoleh thitung kurang dari ttabel, serta untuk hipotesis yang keempat diperoleh thitung lebih dari ttabel.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Instructiondengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari  Emotional Quotient tinggi, sedang, dan rendah pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Hasil penelitian ini dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Executive Summary. Principles and Standards for School Mathematics. 2000. NCTM.
Goleman, D. 2000. Emotional Intelligence. Terjemahan oleh T.Hermaya. Jakarta: Gramedia.
Hendriana, H.&Soemarmo, U. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama
Ibrahim. Pembelajaran Matematika Berbasis-Masalah Yang Menghadirkan Kecerdasan Emosional, Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, No.1, Februari 2012.
Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Khodijah, N. 2016. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kusumawati, dkk. Implementasi Model PBI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.3 No. 2 Oktober 2015.
Mashar,R. 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: kencana.
Musriandi, dkk. 2017. Analisis Tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis SMP Negeri 1 Kuta Baro Aceh Besar, SEMDI UNAYA-2017, November 2017.
Prawira, A. P. 2006. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Arruzz Media.
Putra, G. S. Review TIMSS dan PISA, https://www.academia.edu/26391634/review_TIMSS _dan_PISA diakses pada 18 Februari 2018.
Rahmawati. Seminar hasil TIMSS 2015. https://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/ Rahmawatiseminar%20Hasil%20_TIMSS %202015.pdf, diakses pada 18 Februari 2018.
Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Jakarta: BSNP tersedia:bsnp-indonesia.org/wpcontent/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor021.pdf.
Kuswana, W. S. Biopsikologi Pembelajaran Perilaku. Bandung: Alfa Beta.
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group.
Published
2019-04-05
Abstract viewed = 13 times
PDF downloaded = 0 times