PERANAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KARAKTER SISWA SMP

  • Putri Madhavia Universitas Riau
Keywords: Realistic Mathematics Education (RME), Karakter Siswa

Abstract

Artikel ini membahas peran Realistic Mathematics Education (RME) di Indonesia membangun kreativitas dan karakter siswa. Sebagian besar siswa di Indonesia cenderung mengalami kesulitan dalam mengembangkan kreativitas mereka karena ada lebih sedikit kesempatan proses belajar matematika.  Saat ini pembentukan karakter juga diperkenalkan oleh pemerintah sebagai salah satu tujuan pendidikan Indonesia. Realistic Mathematics Education (RME) adalahsalahsatupendekatanpembelajaranmatematika yang menggunakan realitas sebagai awal titik dalam proses pembelajaran. Karakteristik dari pendekatan ini diyakini membangun siswa ‟kreativitas dan membangun siswa‟ Karakter. Kreativitas siswa dapat dibangun oleh masalah kontekstual dan karakter siswa dapat dibangun oleh  interaksi sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beetlestone, Florence.(2011). Creative Learning. Nusa Media: Bandung
Dolk, Maarten. (2011). Examining Teachers‟ Role In Relation To Their Beliefs And Expectations About Students‟ Thinking In Design Research.Meppel:Utrecht.
Hobri. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies.
Joko Bekti Haryono. 2005. Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Relasi dan Pemetaan pada SiswaKelas II SMP Negeri Di Sukoharjo. Tesis. Surakarta: Pasca Sarjana UNS
Kurnia Rahmi Yuberta dkk. 2016. RME Sebagai Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika Untuk Membangun Generasi Kreatif Dan Berkarakter. Proceeding. IAIN Batusangkar
Marpaung. 1998. "Pendekatan Sosio Kultural dalam Pembelajaran Matematika dan Sains ", et al. Pendidikan yang Humanistis, Yogyakarta: Kanisius.
Mela Sentia Zenti. 2016. Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan pendekatan RME ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTSn 5 Padang. Skripsi. STKIP PGRI Sumatera Barat.
R. Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Dikti Departemen Pendidikan Nasional.
Saefudin, Abdul Aziz. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Al-Bidāyah, Vol 4 No. 1, Juni 2012.
Sutarto Hadi. 2007. Keberaksaraan Matematika. Majalah PMRI Vol. V, Januari 2007. Bandung: IP-PMRI.
Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan
Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2019-04-05
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 2 times