KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN SELF EFFICACY SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE

  • Putri Aulia Susanti Universitas Islam Riau
  • Nahor Murani Hutapea Universitas Riau
  • Sehatta Saragih Universitas Riau
Keywords: hink Talk Write, Komunikasi Matematis, Self Efficacy.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan komunikasi dan Self Efficacy matematis siswa di tinjau dari sekolah dengan kategori level tinggi, sedang, rendah di SMP Negeri Pekanbaru, mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi dan Self Efficacy matematis siswa di sekolah dengan kategori level tinggi, sedang dan rendah di SMP Negeri Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain yang akan digunakan adalah Non Ekuivalent Control Group. Populasi seluruh SMP Negeri Pekanbaru dengan sampel yang terpilih sebagai kelompok tinggi yaitu siswa SMP Negeri 32 Pekanbaru , kelompok sedang yaitu siswa SMP Negeri 20 Pekanbaru , dan kelompok rendah yaitu siswa SMP Negeri 33 Pekanbaru. Metode pengumpulan data penelitian meliputi dokumentasi, tes dan angket. Data penelitian akan dianalisis analisis deskriptif dan analisis inferensial. Artikel ini merupakan rancangan penelitian sehingga belum memperoleh hasil. Berdasarkan teori dan hasil penelitian terdahulu model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan Self Efficacy matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid, Strategi Pembelajaran , Bandung: Rosa karya , 2013 . h.175
Deswita, R. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Connecting-Oranizing-Reflecting-Extending (CORE) dengan Pendekatan Scientifict untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematis serta Self-Efficacy Siswa SMP.
Hamidah. 2012. Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta
Huda, M. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Khoerunnisa, Hidayah, Wijawanti. 2016. Keefektifan Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Alat Peraga Mandiri Terhadap Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Siswa Kelas-VII. Unnes Journal Of Mathematics Education
Marlina,dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Diskursif. Jurnal Didaktik Matematika.
Muklis, Y.M, Sanhadi, K.C.D. 2016. Kontribusi Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNP MP 1) Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nurapriani, F. 2016. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematik Siswa SMP Melalui Strategi Think Talk Write. Jurnal Buana Ilmu
Sari, I.P. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 6 Wajo Pada Materi Statistika. Jurnal Nalar Pendidikan Vol. 5, No. 2, hal 527-533
Sugandi, A. I. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta.
Takahashi, Akihito. 2006. Communication as A Process for Students to Learn Mathematical. [Online]. Tersedia: http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/apec2008/papers/PDF/ 14.Akihiko_Takahashi_USA.pdf [08 Mei 2018].
Viqriah, K. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS), Think Talk Write (TTW) dan Two Stay-Sray (TSTS) Pada Materi Bagun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Self-Efficacy. JMEE Vol V, No 2.
Published
2019-04-05
Abstract viewed = 6 times
PDF downloaded = 4 times