PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS VIII.6 SMPN 35 PEKANBARU

  • Nurmewani Dalimunthe Universitas Islam Riau
  • Alzaber Alzaber Universitas Islam Riau
  • Astri Wahyuni Universitas Islam Riau
Keywords: Model pembelajaran kooperatif, tipe Jigsaw, hasil belajar matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran matematika kelas VIII.6 SMPN 35 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 SMPN 35 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa dengan 19 orang perempuan dan 18 orang laki-laki. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dua siklus.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik pengamatan dan teknik tes hasil belajar siswa. Teknik pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan teknik tes dilakukan melalui ulangan harian 1 dan ulangan harian 2. Hasil pengamatan dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan analisis nilai perkembangan individu siswa dan penghargaan kelompok pada UH 1 dan UH 2 serta analisis ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari skor dasar ke ulangan harian 1 dan ulangan harian 2. Jumlah siswa yang tuntas pada skor dasar yaitu 6 orang atau 16,22% meningkat pada ulangan harian 1 yaitu 18 orang atau 48,65% dan pada ulangan harian 2 meningkat menjadi 23 orang atau 62,16%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.6 SMPN 35 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., Suhardjono.,& Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasbullah. 2015. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Jumanta Hamdayama. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia.
Rahayu Wibowo, A. A. Sujadi, dan Esti Harini. 2014. Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1, Maret 2014. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Diunduh 3 November 2017.
Robert E. Slavin. 2005. Cooperative Learning: Teori, Research, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.
Published
2019-04-05
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times