PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS VIII SMPN 5 KUANTAN MUDIK

  • Nurfaliza Nurfaliza Universitas Islam Riau
  • Alzaber Alzaber Universitas Islam Riau
  • Leo Adhar Effendi Universitas Islam Riau
Keywords: Learning Cycle 5E, Aktivitas Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMPN 5 Kuantan Mudik pada materi pokok lingkaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Kuantan Mudik tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang dengan 11 orang laki-laki dan 8 orang perempuan dengan kemampuan heterogen. Pengambilan data berlangsung pada tanggal 04 Januari sampai dengan 05 Februari 2018 yang terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik pengamatan dan teknik angket. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif berupa aktivitas guru dan siswa dan analisis data kuantitatif berupa angket aktivitas belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 5 Kuantan Mudik. Hal ini terlihat dari hasil angket aktivitas belajar matematika sebelum tindakan dilakukan adalah 60,72% , sesudah siklus I 66,03%, sesudah siklus II 71,15% dan sesudah siklus III 78,65%. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 5 Kuantan Mudik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Istarani & Ridwan, M. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: CV. Media Persada.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta Utara: RajaGrafindo Persada.
Kusumah, W., & Dwitagarna, D. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat: PT Indeks.
Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dam motivasi belajar mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Senturk, H., E & Camliyer, H. 2016. A New Learning Model on Physical Education: 5E Learning Cycle. Universal Journal of Educational Research 4(1): 26-29.
Simatupang, D. 2008. Pembelajaran Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Jurnal Kewarganegaraan, Vol. 10, No. 01, Juni 2008, PP. 62-70.
Sudijono, A. 2012. Pengantar Stastistik Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yuliani, M., Hendri, M., & Susanti, N. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Tipe 5E Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Fluida Statis di Kelas X IPA 4 SMAN Batanghari. Artikel Ilmiah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Juli, 2014. Http: //e-campus. Fkip. Unja. ac. id./ eskripsi/ data/ pdf/ Jurnal- mhs/ artikel/ A1C310001. Pdf.
Published
2019-04-05
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 0 times