PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI

  • Nur Atika Universitas Riau
Keywords: Pengembangan, Program Linear, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penggunaan perangkat pembelajaran dengan memanfaatkan media visual yang dapat dikembangkan sendiri oleh guru untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa perangkat pembelajaran matematika berbantuan media visual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas XI SMK pada materi pokok program linear. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Dari lima tahap tersebut, didapatkan hasil dari tahap analisis dan tahap desain bahwa Kompetensi Dasar yang dibahas pada penelitian ini adalah KD 3.2 dan 4.2 yaitu pada materi program linear, pada materi ini peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memodelkan permasalahan program linear kedalam bahasa matematika dan juga menggambarkan serta menentukan daerah hasil penyelesaian masalah program linear. Hal ini didapatkan dari observasi dan wawancara yang dilakukan kepada beberapa guru matematika dan peserta didik. Dari jawaban peserta didik, terlihat bahwa kemampuan komunikasi peserta didik dalam menterjemahkan kalimat verbal ke kalimat matematika masih sangat rendah. Peserta didik kesulitan dalam menentukan variabel-variabelnya dan juga menggambarkan serta menentukan daerah hasilnya. kemampuan peserta didik yang akan menggunakan produk yang akan dikembangkan adalah heterogen, yaitu peserta didik dengan kemampuan rendah, sedang, dan tinggi sehingga perangkat pembelajaran berbantuan media visual ini akan menjadi solusi dalam membelajarkan peserta didik dengan kemampuan yang heterogen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Mahmudi. 2009. Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIP MIPA UNHALU. 8(1), 1 – 9.
Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Benny A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Chrisna Sinaga. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematika (Communication Mathematics Ability). Desember.
F. Shadiq. 2014. Strategi Permodelan pada Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
M. Ngalim Purwanto. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad Win Afgani., Darmawijoyo., Purwoko. 2008. Pengembangan Media Website Pembelajaran Materi Program Linear untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2), 47 – 61.
Musdi. Ramellan., dan Armiati. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis & Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 77 – 82.
Oemar Hamalik. 2014. Kurikulum dan Pemebelajaran. Bandung: Bumi Aksara.
Randi Pratama Murtikusuma. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Powerpoint untuk Siswa Kelas XI SMK Materi Barisan dan Deret. Saintifika. 17(2). 20 – 33.
Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Peneltian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Swaditya Rizki., dan Nego Linuhung. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual dan ICT. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro. 5(2), 137 – 144.
Published
2019-04-04
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 0 times