KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACY MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

  • Novita Sari Universitas Riau
  • Maimunah Maimunah Universitas Riau
  • Kartini Kartini Universitas Riau
Keywords: Problem Based Learning, kemampuan pemecahan masalah, self efficacy

Abstract

Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat penngkatan kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model problem based learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy dalam pembelajarn problem based learning. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah, angket self efficacy, lembar observasi serta pedoman wawancara. Penelitian ini akan menghasilkan apakah ada terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan self efficacy dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning pada materi bentuk aljabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bermawi Munthe. 2009. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Daryanto dan Aris Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.
Eveline Siregar dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hamzah B.Uno dan Nurdin Mohamad. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM.
Jakarta: Bumi Aksara.
Hartono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Zanafa Publishing..
Made Wena. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang: Bumi Aksara.
M. Hosan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
M. Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyono Abdurrahman. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya..
Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cet. 18. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan mpelementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Published
2019-04-04
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times