PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Novi Andria Caesariani Universitas Riau
Keywords: Multimedia Interaktif, Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemahaman Konsep

Abstract

Mata pelajaran yang diujikan sesuai dengan standar nasional salah satunya adalah matematika. Dan kita ketahui bersama bahwa mata pelajaran ini memang kurang diminati sebagian besar peserta didik SMP/SMA, dimana tampak bahwa kurangnya minat terhadap matematika dikarena berbagai alasan.Kurikulum 2013 menghendaki pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran. Proses pembelajaran dengan Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach). Model pembelajaran yang mengacu pada Kurikulum 2013 yaitu berbasis konstruktivisme. Salah satu model pembelajaran yang mengacu pada model pembelajaran konstruktivisme adalah model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL). Untuk memenuhi keperluan tersebut dibutuhkan pembelajaran menggunakan media. Maka media pembelajaran yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut salah satunya adalah adanyaperananmultimedia interaktif dalam model Problem Based Learning (PBL)dalampembelajaranmatematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Kristiyono. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Solving pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Suruh, Kab. Semarang.Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Arends, R.I. 2013. Belajar untuk Mengajar. Terjemahan Made Frida Yulia. Jakarta: Salemba Humanika.
Azhar Arsyad. 2011 . MediaPembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Danim, S. 2008. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dony Novaliendri (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 RAO). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. Vol 6, No.2, pp. 1-100
Dwi Priyanto. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer.
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Rochamawati, E.D., & Sukanti. 2012. Pengaruh Cara Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntasi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia,10(2).(Online),(http://download.portalgaruda.org/article.php?article=52453&val=480), diakses 23 Agustus 2015.
Robbi Rahim. 2015. Interactive Multimedia Learning dalam Pembelajaran Matematika Bangun Ruang. Universitas Sumatera Utara.
Rusman(2005), Model-model Multimedia Interaktif Berbasis Komputer,P3MP,UPI.
S., Hackbarth. 1996. The Educational Technology Handbook. Englewood Cliffs. New Jersey: EducationalTechnology Publications Inc.
Suprihatiningrum, Jamil. 2012. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Pipit Tri Handayani. Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Multimedia pada Materi Sistem Ekskresi (KD 3.9 & 4.10) untuk Siswa Kelas XI MIA SMA. Universitas Negeri Malang.
Permendikbud RI Nomor 69. 2013. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pratiwi Oktaviani. 2017. Jurnal Pendidikan Sains Pancasakti. Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik.Universitas Negeri Semarang. Volume 2 Nomor 2
Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: DIVA Press.
Vaughan, R. 2005. Multimedia: What it is and What it can do for our Students.
(http://jaltcall.org/cjo/5_00/vaughan. html).
Yustini Nini. Pemanfaatan Multimedia Interaktif pada Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII.
Published
2019-04-04
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times