PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS 〖VIII〗_4 SMP NEGERI 9 PEKANBARU

  • Melda Kristina Universitas Islam Riau
  • Alzaber Alzaber Universitas Islam Riau
  • Putri Wahyuni Universitas Islam Riau
Keywords: Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas  SMP Negeri 9 Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas  SMP Negeri 9 Pekanbaru yang berjumlah 36 peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan menggunakan lembar pengamatan dan analisis data kuantitatif yaitu data tes hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa jumlah peserta didik yang mencapai KKM mengalami peningkatan yaitu dari skor dasar ke UH I sebesar 11,11% (sebanyak 4 orang peserta didik), dari UH I ke UH II sebesar 16,67% (sebanyak 6 orang peserta didik), dan dari skor dasar ke UH II sebesar 27,78% (sebanyak 10 orang peserta didik). Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas  SMP Negeri 9 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Huda, Miftahul. 2015. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan: Press Group.
Rezeki, Sri. 2009. Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Makalah, disajikan dalam semnar Pendidikan Matematika Guru SD/SMP/SMA se-Riau pada tanggal 7 November 2009. Universitas Islam Riau: Pekanbaru.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: At-Ruzz Media.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2019-04-04
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times