PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA LUBUKLINGGAU

  • Maria Luthfiana STKIP PGRI Lubuk Linggau
  • Lucy Asri Purwasi STKIP PGRI Lubuk Linggau
  • Eka Sulistyanti STKIP PGRI Lubuk Linggau
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kreatif Matematis.

Abstract

Skripsi ini berjudul “PengaruhModel Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII siswa SMP Negeri 6 Lubuklinggau. Populasinya adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau tahun pelajaran 2017/2018, yang terdiri dari 7 kelas.Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel yaitu teknik pengundian. Kelas VIII.6  terpilih menjadi kelas eksperimen dan kelas VIII. 7 terpilih menjadi kelas kontrol. Rata-rata skor kemampuan berpikir kreatif matematis yang telah diperoleh siswa pada tes akhir di kelas eksperimen 19,5517 dan pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata 14,4783. Kedua kelas berdistribusi normal dan homogen baik pada tes awal dan tes akhir.Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 2,5400 dan ttabel (pada taraf signifikan  = 0,05) = 2,001. Hal ini menunjukkan thitung> ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikanmodel pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuklinggau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrozak, R., Jayadinata, A, K., & Isrok’atun. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah. 1 (1) 872.
Afrilianto, 2012.Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Smp Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking.Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung.1 (2) 193.
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.
Fitri Rahma dkk. 2014. Penerapan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (1) 18.
Fitriantoro, A., & Prasetyo, B. 2016.Kemampuaan Berpikir Kreatif Matematis Pada Pembelajaran Creative Problem Solving Berpendekatan Scientific.Unnes Journal of Mathematics Educatin Research.5 (2) 99.
Fitriarosah Nuni. 2016. Pengembangan Instrumen Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP.Prosiding Seminar Nasional Tahun 2016 (ISSN: 2528-259X) Vol (1).
Fitriono, Y., R., & Wardono. 2015. Model PBL dengan Pendekatan PMRI Penilaian Serupa PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education Research.4 (2) 57.
Khoiri Wafik, dkk. 2013. Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Journal Of Mathematics. 2 (1) 115.
Lestari, K, E., & Yudhanegara, M., R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Adiatama
Maghfiroh, N., Herawati, S., & Abdul, G. 2016.Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo Pada Mata Pelajaran Biologi.Seminar Nasional Pendidikan dan Sintek (ISSN: 2557-533X).
Marliani Novi. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Model Pembelajaran Missioun Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif. 5 (1).
Noer Siti Hastuti. 2011. Kemampuan Berpikir Kreatif MTS dan Pembelajaran Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika. 5 (1).
Rumasoreng, M., I, dkk. 2014. Analisis Kesulitan Matematika Siswa Sma/Ma Dalam Menyelesaikan Soal Setara UN Di Kabupaten Maluku Tengah.Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1 (1) 24.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Jakagrafindo Persada.
Sari, M., I, Sumiati, E, & Siahaan, P. 2013. Analisis kemampuan Berpikir Kreatif SMP dalam Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (PTD).Jurnal Pengajaran MIPA. 18 (1).
Shoimin, A. 2013.68 Model Pembelajara Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Suprihatiningrum, J.2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. 2014.Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa(Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang KabupatenSitubondo Tahun Ajaran 2012/2013).Jurnal Edukasi Unej.1 (1) 6.
Published
2019-04-04
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 0 times