PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

  • Mahmidatul Fitri Universitas Riau
Keywords: Model pembelajaran, perangkat pembelajaran, PBL.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), yang mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model Borg & Gall. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi perangkat, lembar observasi, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa data tentang kualitas produk yang dikembangkan yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Dari hasil penelitian pada tahap studi pendahuluan diperlukan pengembangan perangkat pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar yaitu KD 3.9 Membedakan dan menentukan luas  permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) dan KD 4.9 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prima dan limas), serta gabungannya. Hasil akhir dari penelitian ini nantinya akan menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid,praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan nantik diharapkan dapat menjadi perangkat alternatif guru dalam proses pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Soetjipto, H. P & S. M. Soetjipto. 2008. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bilgin, I., E. Senocak. & M. Sozbilir. 2009. The Effects of Problem Based Learning Instruction on University Students’ Performance of Conceptual and Quantitative Problem in Gas Concepts.
Eurasia Jurnal of Mathematics, Science & Technology Education, Vol 5(2): 153-164. Tersedia di http://file.upi.edu/Direktori/ FPMIPA/JUR._PEND._FISIKA/19670725 1992032%20- %20SETIYA%20UTARI/JURNAL.pdf [diakses 23-04-2018].
Ibrahim, H. M. & M. Nur. 2005. Pembelajaran Berdasarkan Masalah (2th ed). Surabaya:
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Volume 2 – Nomor 2, November 2015, (197 - 210). Tersedia di https://www.google.co.id/search?source=hp&ei=CIgIW_3_Opn-9QPwyb-ICg&q=jurnal+riset+pendidikan+matematika+volume+2+nomor+november+2015&oq=jurnal+riset+pendidikan+matematika+volume+2+nomor+2+november+2015&gs_I=mobile-gws-wiz-hp.12...33. 13904..14572...1....848.9325.0j7j15j5j3j1j1.....0....1...... ....0j0i22i30j33i22i29i30j33i21j33i160.XMDwJfdkQ18%3D
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo.
Martila, Redo. 2015.Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, Volume 3 Nomor 03, September 2015 (1136-11420). Pekanbaru: UIR
Saifudin Azwar. (2010). Tes prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Superfine, A.C. (2008). Planning for mathematics instruction: a model of experienced teachers’ planning processes in the context of a reform mathematics curriculum [Versi electronic]. Jurnal of The Mathematics Educator , 18, 11–22.
Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A Sourcebook. Minnesota: Central for Innovation on Teaching the Handicaped
UNESA – University Press. Mahmudi, A. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah disajikan pada Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA. Manado: Jurusan Pendidikan Matematika UNY. Tersedia di http://staff.uny.ac.id/sites/ default/ files/penelitian/Ali%20Mahmudi,%20S.Pd,%20M.Pd,%20Dr./Makalah2014% 20ALI%20UNY%20Yogya%20for%20KNM%20UNIMA%20_Mengukur%20Ke mampuan%20Berpikir%20Kreatif%20_. pdf [diakses 11-05-2018].
Usman, Uzer. 2011.Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya
Published
2019-04-04
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 5 times