KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA SISWA KELAS VIII SMP KOTA LUBUKLINGGAU

  • Lucy Asri Purwasi STKIP PGRI Lubuk Linggau
  • Nur Fitriyana STKIP PGRI Lubuk Linggau
Keywords: LKS berbasis pendekatan open-ended, kemampuan pemecahan masalah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pengembangan LKS berbasis pendekatan open-ended. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri dan Swasta di Kota Lubuklinggau. Pemilihan sekolah dilakukan dengan mempertimbangkan tingkatan sekolah dengan kategori tinggi (A), sedang (B), dan kurang (C).Pengambilan sampel tiap sekolah dilakukan secara random sampling. Penelitian ini melibatkan SMP Negeri 1 Kota Lubuklinggau yang berjumlah 33 siswa, SMP Negeri 14 Kota Lubuklinggau yang berjumlah 29 siswa dan SMP PGRI 2 Lubuklinggau yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Adapun hasil analisis persentase rata-rata kemampuan akhir pemecahan masalah matematis siswa dari ketiga sekolah adalah 1) SMP Negeri 1 Kota Lubuklinggau adalah 79,70% dengan kategori baik, 2) SMP Negeri 14 Kota Lubuklinggau adalah 74,02% dengan kategori baik, dan 3) SMP PGRI Lubuklinggau adalah 66,45% dengan kategori baik. Dari hasil akhir kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ketiga sekolah menunjukkan kategori sudah baik, artinya LKS berbasis pendekatan open-ended yang dikembangkan sudah efektif dan baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hadi, S., &Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah Menengah Pertama. Edu-mat Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 1.
Idris, F., Hamid, I., &Ardiana. (2015). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Delta-Pi:Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol4, No.1.
NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Novitasari, D., &Setyaningsih, N. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah 4 Sambi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surkarta.
Puspitasari, E., Edy, Y.,& Asep, N. (2015). Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di SMP. Skripsi: UNTAN, Pontianak.
Suci, A., A., W & Rosyidi, A., H. (2012). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. Jurnal Unesa Vol 1 Nomor 2.
Suherman, E. &Udin S., W. (2003). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Widodo, S.A &Sujadi, A.A. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Trigonometri. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora. Vol 1 No 1.
Yusuf, M., Zulkardi, &Saleh, T. (2009). Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Pada Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat Di SMP. Jurnal pendidikan Matematika Unsri Volume 3 No 2.
Published
2019-04-04
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times