PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII

  • Lina Afriyani Universitas Riau
Keywords: Penelitian Pengembangan, Perangkat Pembelajaran Matematika, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum tersedianya perangkat pembelajaran yang dapat membantu peserta didik mengkontruksikan pengetahuan yang dimiliki dalam menyelesaikan permasalahan dunia nyata. Selain itu, perangkat pembelajaran belum mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.  Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan suatu produk berupa perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKPD model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan  kemampuan pemecahan masalah  matematis peserta didik kelas VIII  pada materi pokok Persamaan Garis Lurus. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall, yaitu meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, Validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk akhir, dan produksi masal. Dari sepuluh tahapan tersebut telah dilakukan dua tahapan yakni tahap potensi dan masalah meliputi analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis Karakteristik peserta didik, dan analisis konsep. Tahap pengumpulan data meliputi Studi literatur yang diperlukan untuk mengetahui langkah-langkah yang paling tepat dalam mengembangkan produk tersebut.  Dari kedua tahap yang telah dilakukan tersebut, didapatkan hasil dari tahap potensi dan masalah, dan pengumpulan data bahwa perlunya melakukan pengembangan perangkat pembelajaran matematika model PBL, agar dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Fitrotul Khayati, Imam Sujadi2, dkk. 2016. Pengembangan Modul Matematika Untuk Pembelajaran Berbasis Masalah Pada materi Pokok Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Volume 4 No 7, September 2016, 608-621
Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Nila Hayati dan Fahrurrozi. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Komunikasi Matematis. Jurnal Educatio, Volume 10 No 2, Desember 2015, 382-399.
Nurjaya, I. 2013. Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Bermuatan Pendidikan Karakter sesuai Amanat Kurikulum 2013 pada Guru-guru Sekolah Dasar Nomor 1 Kapal. Universitas Ganesha Singaraja: Bali.
Rahmi Ramadhani. 2016. Pengembangan Perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi pada model Problem Based Learning. Jurnal matematika kreatif-inovatif Volume 7 No 2, Desember 2016, 116-122.
Retno Dewi Tanjungsari, Edy Soedjoko, dan Mashuri. 2012. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. UJME 1 (1).ISSN 2252-6927.
Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Randi Pratama Murtikusuma. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning Berbantuan Media Power Point Untuk Siswa Kelas XI SMK Materi Barisan dan Deret. Saintifika, Volume 17 No 2, Desember 2015, 20-33
Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Peneltian. Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2010. Model-model pembelajaran. Bandung: PT. Rajagrafindo Persada.
Suharsimi Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suparno, P. 2002. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Kanisus: Yogyakarta.
Veronika Wiwik Dwi Astuti dan Mohammad Andy Rudhito. 2012. Penggunaan Program Geogebra dalam Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Nanggula Kulon Progo Pokok Bahasan Grafik Garis Lurus pada Pembelajaran Remedial. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. ISBN : 978-979-16353-8-7.
Wardhani, S., dkk. 2010. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di SMP. Yogyakarta: PPPPTK.
Wicha, Dafik, Susanto. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter Pada Pembelajaran Quantum Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus SMP Kelas VIII. Kadikma, Volume 3 No 3, Desember 2012, 159-168
Published
2019-04-04
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times