PERANAN MODEL PENGAJARAN QUANTUM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X MATERI TRIGONOMETRI

  • Juniati Juniati Universitas Riau
Keywords: Quantum , motivasi, keaktifan, trigonometri

Abstract

Model Quantum merupakan model pembelajaran yang dapat mengkonstruksi pengetahuan siswa dan bisa membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. Model Quantum merupakan metode pengajaran yang memiliki asas utama bawalah mereka ke dalam dunia kita dan antarkan dunia kita ke dunia mereka. Trigonometri merupakan pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa SMA. Sehingga banyak siswa tidak termotivasi dalam matematika dan kurangnya aktif siswa. Dengan adanya model pengajaran Quantum ini diharapkan bisa meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dan keaktifan siswa. Jurnal ini mendeskripsikan tentang model pengajaran quantum. JurnalĀ  ini juga memberikan pemikiran bagaimana peranan model pengajaran quantum dalam pembelajaran matematika terutamaterhadap motivasi dan keaktifan siswa pada materi trigonometri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angga M dkk.2012.Pemahaman Konsep Matematis Dan Model PembelajaranQuantum Teaching. Vol. 1 No. 1 (2012) : Jurnal Pendidikan Matematika Hal. 19-23. UNP
Danang J. 2012. Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum TeachingUntuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan PrestasiBelajar Siswa Mata Diklat Gambar Teknik Di SMK Perindustrian Yogyakarta 2011/2012. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Estu H.2015. Penerapan Model Pembelajaran QuantuTeaching Dengan Metode Diskusi BerbantuanLembar Kerja Siswa (LKS) Untuk MeningkatkanHasil Belajar Materi Bentuk Pangkat dan AkarPada Siswa Kelas X.6 Semester ISMA Negeri 2 Magetan Tahun Pelajaran 2013/2014.Vol 3 No. 2 :Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
Fitri R dkk.2017.Eksperimentasi Model Pembelajaran Kuantum DanDiscovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Aturan Sinus, Kosinus, Dan Luas Segitiga Di SMA Negeri 5 Surakarta. Vol.I No.6. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi .UNS Surakarta
Hesti M dkk. 2013Penerapan Model Pembelajaran Quantum TeachingDalam Peningkatan Pembelajaran MatematikaTentang Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Negeri MewekTahun Ajaran 2012/2013. Vol 4, No 2Kalam Cendekia. Universitas Sebelas Maret
Natsir R. 2009.Pengaruh Model Pembelajaran Quantum LearningDengan Software Computer Algebraic System (CAS)Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau DariMotivasi Belajar Siswa SMA Kabupaten Sragen. Tesis. Universitas Sebelas Maret:Surakarta
Putri Hana Pebriana. 2017.Penerapan Model Pembelajaran Quantum TeachingUntuk Meningkatkan Motivasi Belajar MatematikaSiswa Kelas V SDN 009 Bangkinang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika .Vol 1, No. 2, November 2017,Hal: 64-73
Ria Liniarti.2015. Pengaruh Penggunaan Model Quantum TeachingTerhadap Hasil Belajar IPS. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif HidayatullahJakarta
Rima I dkk.2017.Pengaruh Penerapan Model PembelajaranQuantum Teaching Terhadap Hasil Belajar MatematikaSiswa Kelas VIII SMPN 3 Lembah Gumanti Kabupaten Solok.STKIP PGRI Sumatera Barat
Sintha Muning S. 2013. Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Quantum Teaching Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas V SD Negeri Sangon Kokap Kulon Progo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Yogyakarta
Siti Fatimah, Bambang Priyo Darminto. 2017. Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Ekuivalen : Jurnal pendidikan matematika : Vol 26, No 1, Hal 58-62
Published
2019-04-04
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 0 times