PENGARUH METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 PEKANBARU

  • Jessica Julian Dari Universitas Islam Riau
  • Rezi Ariawan Universitas Islam Riau
  • Sindi Amelia Universitas Islam Riau
Keywords: Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 22 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Penelitian eksperimen ini dimulai dari tanggal 1 Februari 2018 sampai dengan tanggal 1 Maret 2018. Bentuk penelitian adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Desain penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Pekanbaru. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kelas  dipilih sebagai kelas eksperimen dengan 37 orang siswa dan kelas  dipilih sebagai kelas kontrol dengan 38 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yaitu soal pretest danposttestkemampuan komunikasi matematis. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari uji-t diperoleh  dimana  dan  Hal ini berarti  ditolak dan  diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 22 Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ihsan, F. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Johnson& Chung. 1999. The Effect Of Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) On The Troubleshooting Ability Of Aviation Technician Students. Jurnal Of Industrial Teacher Education (Volume 37, Number 1). [Online}, Tersedia: Http://Scholar.Lib.Vt.Edu/Ejournals/JITE/V37n1/John.Html, Diakses Tanggal 04 November 2017.
NCTM. 2000. Principles and Standards For School Mathematics. USA: The National Council Of Teachers Of Mathematics.
OECD. 2013. PISA 2012 result: what students know and can do – student performance in mathematics, reading and science (volume 1). [Online]. Diakses dari http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-volume-1.pdf.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sutikno, M. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.
Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). 2003. TIMSS 20038^th- Grade Mathematics Concepts and Mathematica Items. [Online]. Tersedia: http://nces.ed.gov/timss. [28November 2017]
Published
2019-04-04
Abstract viewed = 6 times
PDF downloaded = 3 times