PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X ATP 2 DI SMK NEGERI PERTANIAN TERPADU PROVINSI RIAU

  • Istiqomah Lukman Universitas Islam Riau
  • Sri Rezeki Universitas Islam Riau
  • Astri Wahyuni Universitas Islam Riau
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Kemandirian Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran serta meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa kelas X ATP 2 SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi pokok trigonometri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X ATP 2 SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau tahun ajaran 2017/2018, dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 5 orang siswa perempuan dan 28 orang siswa laki-laki. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan ulangan harian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik pengamatan dan teknik nontes. Lembar pengamatan dianalisis secara kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tentang aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan nonten untukmelihat peningkatan kemandirian belajar dianalisis dengan penyebaran angket sebelum dan sesudah tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar matematika siswa kelas X ATP 2 SMK Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Hal ini dapat dilihat dari kemandirian belajar mengalami peningkatan dari Siklus I yaitu 77,19% ke Siklus II yaitu 80,25%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat memperbaiki proses dan meningkatkan kemandirian belajarsiswa kelas X ATP 2 SMK Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau pada materi pokok Trigonometri tahun pelajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita Lie. 2008. Cooperative Learning mempraktikkan Cooperative learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depniknas
Elywati, Budiyono, dan Imam Sujadi. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan Media Interaktif Pada Materi Peluang diTinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika (Nomor 3). Hlm.281-290.
Nana Sudjana. 2009. Penelaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Pratisya Nur Aini dan Abdullah. 2012. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Kelas XI IPS SMAN 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonsia (No 1). Hlm. 48 – 65
Published
2019-04-04
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 2 times