KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DAN SELF CONFIDENCE DALAM PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING

  • Indah Prestika Universitas Riau
  • Sehatta Saragih Universitas Riau
  • Putri yuanita Universitas Riau
Keywords: Discovery Learning, kemampuan komunikasi matematis, self confidence

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswa dan self confidence dalam pembelajaran model discovery learning. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa dan self confidence dalam pembelajaran model discovery learning. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learningdan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varians untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswadan self confidence dalam pembelajaran model discovery learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Mahmudi,Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta,2009.
Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo,2012.
Departemen Pendidikan Nasional,Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta:Badan Standar Nasional Pendidikan,2006.
Fachrurazi,Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Dasar,Edisi Khusus No. 1,2011.
Firdaus,Meningkatkan kemampuan komunikasi Matematik Siswa Melalui Pembelajaran Dalam Kelompok Kecil tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pengekatan Bebasis Masalah, Tesis PPS UPI Bandung, Tidak Diterbitkan, 2005.
Halmaheri,Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SLTP Melalui Strategi Think-Talk-Write dalam Kelompok Keci,. Tesis PPS UPI Bandung, Tidak Diterbitkan,2004.
_______, Analisis Item Instrumen, Pekanbaru: Zanafa Publishing,2010.
, Metodologi Penelitian, Pekanbaru:Zanafa Publishing,2011.
Iqbal Hasan,Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Bogor: Ghalia Indonesia,2002.
Miftahul Huda, Cooperative Learning metode, teknik, struktur dan Model Penerapan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2011.
Muhammad Thobroni & Arif Mustofa, Belajar & Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional, Jogjakarta:Ar-Ruzz Media,2012.
Oemar Hamalik,Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara,2009.
Riduwan,Dasar-Dasar Statistik, Bandung: Alfabeta,2010.
, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Alfabeta,2010.
Risnawati, Strategi Pembelajaran Matematika,Pekanbaru: Suska Press,2008.
Robert E. Slavin, Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, Bandung: Nusa Media,2009.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya,2003.
Sudjana, Metode Statistik, Bandung: Tarsito,1992.
Sugiyono,Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Bandung: Alfabeta,2010.
Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara,2009.
,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta,1996.
Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka,2007.
Wina Sanjaya,Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group,2010.
Published
2019-04-02
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 3 times