PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN KELAS IX SMP

  • Ina Putriani Universitas Islam Riau
  • Zulkarnain Zulkarnain Universitas Riau
  • Leo Adhar Effendi Universitas Islam Riau
Keywords: pengembangan perangkat pembelajaran, Model pembelajaran Kreatif dan Produktif, Kesebangunan dan Kekongruenan, RPP, dan LAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan Kelas IX SMP yang teruji validitas dan praktikalitas. Penelitian ini merupakanpenelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi yang terdiri dari: tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop) yang terdiri dari uji validasi dan uji kepraktisan. Uji validasi RPP dan LAS dilakukan oleh para validator yang terdiri dari 2 dosen FKIP Matematika UIR dan 1 guru Matematika SMP Negeri 17 Pekanbaru. Dan Uji kepraktisan dilaksanakan di kelas IX.1 SMP Negeri 17 Pekanbaru pada semester 1 (ganjil) tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 36 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi RPP dan LAS, angket respon siswa, dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh hasil kevalidasi RPP sebesar 85,85% dengan kriteria kevalidan sangat valid dan nilai kevalidan LAS sebesar 77,6% dengan kriteria cukup valid. Hasil kepraktisan LAS sebesar 82,99% dengan kategori sangat praktis. Dan hasil lembar pengamatan sebagian besar pernyataan dalam lembar pengamatan telah terlaksanakan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kreatif dan produktif pada materi kesebangunan dan kekongruenan kelas IX SMP teruji kevalidan dan kepraktisannnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran.Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Alfianika, N. 2015. Buku Ajar Metode Peneilitan Pengajaran Bahasa Indonesia. [Online] https://books.google.co.id/books?id=DH1KdqAAQBAJ&prints ec. (Diakses pada tanggal 25 Agustus 2017).
Astuti, F.S. 2012. PengembanganLembarKerjaSiswaUntukPembelajaranyangMenggunakan Model Group Investigation PadaMateriRelasi Dan Fungsi. Jurnal. Tersedia: http://jurnal-online.um.ac.id/article/do/detail-article/1/32/ 1017. (Diakses, 8 Maret 2018).
Hamdunah. 2015. Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme dan Website pada Materi Lingkaran dan Bola. Jurnal LEMMA (Vol. 2 No. 1, Nov 2015). Hlm. 35 – 42.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.
Pratiwi, N. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika.Jurnal. Diambil dari Tersedia: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/8405/ 5162.(Diakses, 20 Februari 2017)
Purboningsih, D. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Guided Discovery pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa SMK Kelas X. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015. Hlm. 467 – 474.
Wena, M. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. [Online]. Tersedia: (staff.uny.ac.id /system/files/pengabdian/endang.../kualitas-lks.pdf. (Diakses pada tanggal 17 September 2017).
Yusefdi. 2014. Pengembangan LKS Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif pada Materi Ruang Dimensi Tiga Kelas X SMAN 6 Bengkulu. Skripsi. FKIP UNIB. Bengkulu.
Published
2019-04-02
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 0 times