PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

  • Farida Farida Universitas Riau
  • Kartini Kartini Universitas Riau
  • Sehatta Saragih Universitas Riau
Keywords: Perangkat Pembelajaran Matematika, Problem Based Learning,Kemampuan Pemecahan Masalah, SPLDV.

Abstract

Pada pembelajaran matematika, siswa banyak mengalami kesulitan untuk memecahkan masalah terhadap materi yang dipelajarinya, terutama pada soal-soal yang sifatnya menguraikan. Tujuan penelitianini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model problem based learningpada materi SPLDV untuk siswa kelas VIII SMP/MTs. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja peserta didik (LKPD).Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE dengan langkah-langkah: (1) analysis; (2) design; (3) development; (4) implementation; (5) evaluation.Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini terdiri dari instrumen kevalidan, instumen kepraktisandan instrumen keefektifan. Teknik Analisis data meliputi reliabilitas butir soal, validitas butir soal, dan ketuntasan hasil belajar. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran dengan model problem based learning dengan kemampuan pemecahan masalah matematis yang valid, praktis dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barret, Terry .2005. Understanding Problem Based Learning. [online]. Tersedia: http:// [22 – 04 -2018]
Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.
Kementrian Pendidikan dan kebudayaan, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
M. Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Max Sobel A., 2004, Mengajar matemtika, Erlangga, Jakarta.
Miftakhul Huda,2011. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (cet:II PUSTAKA PELAJAR, Bandung)
Nana Syaodih Sukmadinata., 2011, Metode Penelitian Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
NCTM., 2000, Principles and standards for school mathematics. Reston, VA, NCTM.
Nur, Mohamad. (2002). Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktifisdalam Pengajaran. Surabaya:PSMS Unesa.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005
Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007, komponen RPP
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah Kurikulum 2013.
Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013.
Polya., 1988, How to Solve it A New Aspevt of Mathematical Method, Princeton University Press, New Jersey.
Poppy Kamalia Devi, dkk, 2009 Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk guru SMP Bandung. PPPPTK IPA.
Prastowo, Andi. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press.
Sanjaya, Wina .2007. Kajian Kurikulum dan Pembelajaran. SPs UPI : Bandung.
Suharsimi Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sriyanto., 2007, Strategi sukses menguasai matematik, Indonesia Cerdas, Yogyakarta.
Sri Wardani Danoebrote., Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui pendekatan PMRI dan Pelatihan Metakognitif, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun XI Nomor 1.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2019-04-02
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times