PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL DISCOVERY LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX

  • Fadriati Ningsih Universitas Riau
Keywords: erangkat Pembelajaran Matematika, Discovery Learning, Persamaan Kuadrat

Abstract

Peserta didik masih mengalami kesulitan dalam mempelajari materi persamaan kuadrat diantaranyapeserta didik tidak biasa dengan langkah-langkah aljabar, peserta didik bingung dengan perbedaan penggunaan huruf pada aljabar, dan peserta didik menemukan materi persamaan kuadrat terlalu abstrak. Persamaan kuadrat adalah salah satu materi baru kurikulum 2013 yang diberikan untuk peserta didik kelas IX semester ganjil, sehingga perangkat pembelajaran yang terkait materi persamaan kuadrat untuk peserta didik kelas IX semester ganjil masih terbatas.Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kebutuhan pengembangan perangkat pembelajaran matematika model discovery learning pada materi persamaan kuadrat.Jenis penelitian ini penelitian pengembangan Borg and Gall dengan tahapan: (1) penelitian dan pengumpulan data, dan (2) perencanaan. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dapat disimpulkan bahwa kebutuhan terhadap perangkat pembelajaran matematika model discovery learning sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisatul Hidayati dan Suryo Widodo. 2015. Proses Penalaran Matematis Peserta didik dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Peserta didik di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara Volume 01 Nomor 02, Nopember 2015. Diakses tanggal: 29 Maret 2018.
Bambang Riyanto dan Rusdy A. Siroj. 2011. Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Prestasi Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Peserta didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5. No. 2 Juli 2011. Diakses tanggal: 29 Maret 2018.
Bermawi Munthe. 2009. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Diana Tri Cholidah. 2014. Profil Berpikir Peserta didik SMP dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau dari Gaya Belajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. Diakses tanggal: 18 Maret 2018.
Dwi Ivayana Sari. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps Pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas X. Jurnal Pendidikan Volume 7, Nomor 1, Juni 2015, hlm 72-96.
Hendra Erik Rudyanto. 2014. Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum, Volume 4 Nomor 1, Juni 2014, 41-48.
Intan Bigita Kusumawati. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Sejarah Naive Geometry Pada Materi Persamaan Kuadrat Di Kelas VIII SMP. Jurnal Edukasi, Volume 1, April 2015.
M. Thobroni. 2015. BelajardanPembelajaranTeoridanPraktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Marfi Ario. 2016. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK setelah MengikutiPembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Edu ResearchVol. 5 No. 2 Desember 2016.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pardomuan Nauli Josip Mario Sinambela. 2012. Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Diunduh dari. dari http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index. php/gk/article/view/7085/6067. Diakses tanggal 23 Mei 2018.
Sasono Wibowo. 2012. Media Pembelajaran Persamaan Kudrat dan Fungsi Kuadrat Mata Pelajaran Matematika Kelas X. Techno.COM, Vol. 11, No. 1, Februari 2012: 28-36.
Siwi Khomsiatun dan Heri Retnawati. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2 (1), Mei 2015 – 93.
Sugeng Mardiyono. 2005. Inovasi Pembelajaran Matematika dan Sistem Evaluasinya Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Departemen Pendidikan Nasional: Universitas Negeri Yogyakarta.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan mpelementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Published
2019-04-02
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times