PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PLANTED QUESTIONS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 10 MANDAU

  • Fadilah Gustin Khainingsih Universitas Islam Riau
  • Abdurrahman Abdurrahman Universitas Islam Riau
  • Aulia Sthephani Universitas Islam Riau
Keywords: Strategi pembelajaran planted questions, Hasil belajar matematika.

Abstract

Strategi pembelajaran memegang peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar disekolah. Banyak strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar matematika disekolah, salah satunya adalah strategi pembelajaran Planted Questions. Strategi pembelajaran Planted Questions merupakan strategi pembelajaran yang membantu untuk mempresentasikan informasi dalam bentuk respon terhadap pertanyaan yang telah diberikan sebelumnya kepada peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran Planted Questions terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Mandau. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah kelas VIII SMPN 10 Mandau yang berjumlah 119 siswa terbagi menjadi 5 kelas. Penentuan sampel dilaksanakan berdasarkan sampling purposive dan yang menjadi sampel adalah kelas VIII2 dan VIII3. Dalam penelitian ini jenis data yang dikumpulkan adalah data keterlaksanaan dari proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaranPlanted Questions dilakukan dengan teknik observasi menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar dilakukan dengan teknik tes menggunakan instrumen lebar tes berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian diperoleh  dan  sehingga  maka kesimpulannya rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sehingga terdapat pengaruh strategi pembelajaran Planted Questions terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Mandau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, S. B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hughes, A. G. dan Hughes, E.H. 2015. Psikologi pembelajaran. Bandung: Penerbit Nuansa cendikia.
Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Silberman, M. L. 2009. Active learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.
Published
2019-04-02
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times