APLIKASI REFLEKSI DALAM MOTIF TENUN MELAYU RIAU

  • Erdawati Nurdin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ramon Muhandaz Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Irma Fitri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Annisah Kurniati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ade Irma Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: etnomatematika, geometri transformasi, motif tenun Melayu Riau dan refleksi.

Abstract

Tulisan ini mengeksplorasi  budaya Melayu Riau yang dapat dihubungkan dengan pembelajaran matematika. Melayu Riau kaya dengan khazanah budayanya, diantaranya yang amat menonjol adalah motif ornamen Melayu yang banyak dipakai untuk motif kain songket dan seni ukir. Jika diamati secara seksama, pada motif-motif tenun Melayu atau yang lebih sering disebut dengan songket sesungguhnya terdapat sifat-sifat keteraturan yang berirama dan berpola. Beberapa bentuk keteraturan pada tenun Melayu Riau merupakan bentukan transformasi geometris. Salah satu aplikasi geometri transformasi yang terdapat pada motif tenun Melayu Riau diantaranya adalah aplikasi refleksi (pencerminan) pada motif pucuk rebung dan kuntum bersanding.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arisetyawan, A, Suryadi, D, Herman, T & Rahmat, C. (2014). Study of Ethnomathematics : A Lesson from The Baduy Culture. International Journal of Education and Research, 2(10).
Baswedan, A. (2017). Tiga Faktor Proyeksi Pendidikan Abad 21. Pidato pada Jakarta Expo 2017.
Dinantia, C.P . (2016). Upaya Pemerintah Kota Pekanbaru dalam Mengembangkan Kain Songket Sebagai Produk Unggulan. JOM FISIP,(2).
Furuto, at all. (2012). Etnomathematics Curriculum Textbook : Lesson Plans for Precalculus, Trigonometry and Analytic Geometry. West O’ahu : University of Hawai’i.
Hasanuddin. (2017). Etnomatematika Melayu : Pertautan antara Matematika dan Budaya pada Masyarakat Melayu Riau. Jurnal Sosial Budaya, 14(2), 136-149.
Ismawanto. (2014). Pengembangan CD Interakif Berbantuan Swishmax dengan Model Etnomateamtika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Semester II. Prosiding Mathematics and Science Forum.
Malik, A, Effendy, T, Junus, H & Thaher, A. (2004). Corak dan Ragi Tenun Melayu Riau. Yogyakarta : Balai Kerajinan dan Budaya Melayu Bekerjasama dengan Penerbit Adicipta.
Massarwe, K, Verner, I & Bshouty, D.Analysis and Construction of Geometric Ornaments. Journal of Mathematics and Culture : ICEM 4 Focus Issue. Ethnomathematics and Multi-Cultural Education
Prabawati, M.N. (2016). Etnomatematika Masyarakat Pengrajin Anyaman Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Infinity, 5(1).
Riau Daily Photo. (2011). Motif dan Corak Tenun Melayu Riau. [Online]. Tersedia : http://www.riaudailyphoto.com. [14 Maret 2016]
Rosa, M, Orey, D. C. (2011). Revista Latinoamericana de Etnomatematica 4(2). Ethnomatematics : The Cultural Aspect of Mathematics.
Sani, B, Wahyuning Tias, A.A & Wahyuni, Astry. (2013). . Peran Ethnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negari Yogyakarta
Sumardoyo. (2004). Karakteristik matematika dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
S. Sirate, S.F. (2015). Menggagas Integrasi Multikultur Pembelajaran Matematik : Suatu Telaah Etnomatematika. Auladuna, 2(2).
Tandililing, E. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Pendekatan Matematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Sekolah. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negari Yogyakarta.
Utami, T. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Skripsi Universitas Negeri Semarang. [Tidak Diterbitkan].
Whardani, S dan Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Yusuf, M.W, Saidu, I & Haliru, A. (2010). A Mathematical Game in Haus Culture. Sutra : Journal of Mathematical Science Education. Ethnomathematics.
Zhang, W and Zhang, Q. (2010). Etnomathematics and Its Integration within the Mathematics Curriculum. Journal of Mathematics Education, 1(1). [Online]. Tersedia: http://educationforatoz.com/images/_12_Weizhong_Zhang_and_Qinqiong_Zhang.pdf. [14 Maret 2016].
Published
2019-04-01
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 2 times