PENERAPAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 LUBUK BATU JAYA TAHUN PELAJARAN 2017-2018

  • Endang Ratnasari Universitas Islam Riau
  • Sri Rezeki Universitas Islam Riau
  • Sari Herlina Universitas Islam Riau
Keywords: Strategi Think Talk Write (TTW) dalam Model Pembelajaran Kooperatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi garis singgung lingkaran di kelas VIIIB SMP Negeri 1 Lubuk Batu Jaya pada penerapan strategi Think Talk Write (TTW) dalam model pembelajaran kooperatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Lubuk Batu Jaya dengan jumlah 28 siswa, 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen pengumpul data berupa lembar pengamatan dan pengumpulan hasil tes yang telah dianalisis. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan lembar pengamatan pada setiap pertemuan menujukkan bahwa adanya peningkatan proses pembelajaran dari pertemuan pertama pada sikluas I dan pertemuan terakhir pada siklus II, dan berdasarkan analisis ketercapaian KKM menunjukkan bahwa presentase pada siklus I dan siklus II meningkat dari skor dasar yaitu 42,85% pada skor dasar meningkat menjadi 57,14% pada Ulangan Harian I dan meningkat lagi pada Ulangan Harian II menjadi 78,57%. Hasilnya menunjukkan bahwa bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan Strategi Think Talk Write (TTW) dalam Model Pembelajaran Kooperatif  dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Lubuk Batu Jaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan dasar dan Menengah: Standar dan kompetensi Dasar SMP/MTS. Diambil dari https://asefts63.wordpress.com/2011/01/ permendiknas-no-22-tahun-2006-standar-sis.pdf . (Diakses, 1 November 2017)
Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: AR-Ruzz media.
Istarani, & Muhammad, R. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: CV. Media Persada.
Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.
Sanjaya, W. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada media Grup.
Published
2019-04-01
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 0 times