ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA

  • Elya Rosalina STKIP PGRI Lubuk Linggau
  • As Elly STKIP PGRI Lubuk Linggau
Keywords: Analisis Penalaran, Soal , PISA

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan penalaran matematika melalui pengembangkan soal matematika model PISA pada siswa SMPĀ  Kota Lubuklinggau. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 4 Lubuklinggau, siswa kelas IX SMP Negeri 14 Lubuklinggau dan SMP PGRI 3 Lubklinngau. Metode dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematika melaluipengembangan soal matematika model PISA di 3 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Lubuklinggau yaitu dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan penalaran matematika siswaSMP Negeri 4 Lubuklinggau adalah 71,53termasuk dalam kategori baik, rata-rata kemampuan penalaran matematika siswaSMP Negeri 14 Lubuklinggau adalah 64,73termasuk dalam kategori baik, dan rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa SMP PGRI 3 Lubuklinggau adalah 47,01 termasuk dalam kategori cukup. Secara umum rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa dari tiga sekolah tersebut mencapai 61,09 termasuk dalam kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi & Narbuko. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Aini, dkk. 2014. Analisis Pemahaman Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Pada Pisa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol.3 No.2.
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.
Murizal, A., dkk. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 1, Hal 19-23.
Ruseffendi. 2006. Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam pengajaran Matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Saputri, dkk. 2017. Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Pada Materi Perbandingan Kelas Viii Di Smpn 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen. 3(1), 15-24.
Sari, A. K. 2014. Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Edutic. Vol. 1, No 1.
Shadiq, F. 2014. Pembelajaran Matematika Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wardhani, Sri. 2011. Intrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, P4TK, Jogyakarta.
Published
2019-04-01
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 0 times