PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI DIMENSI TIGA KELAS X SMA SMART INDONESIA

  • Dwi Putri Ramadani Universitas Islam Riau
  • Alzaber Alzaber Universitas Islam Riau
  • Leo Adhar Effendi Universitas Islam Riau
Keywords: Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8, Dimensi Tiga, Plomp

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 termasuk kedalam penelitian dan pengembangan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran  yang valid dan praktis pada materi dimensi tiga. Penelitian dilaksanakan pada 17 sampai 24 Januari 2018. Penelitian ini mengacu pada pengembangan instruksional Plomp yang terdiri atas: (1) fase investigasi awal; (2) fase desain; (3) fase realisasi; (4) fase tes, evaluasi dan revisi. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa lembar validasi, lembar respon guru dan lembar respon siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis validasi media pembelajaran yang penilaiannya menggunakan skala Likert dan analisis kepraktisan media pembelajaran menggunakan penilaian diperoleh melalui lembar respon guru dan lembar respon siswa. Fase investigasi awal merupakan analisis kebutuhan atau analisis masalah, disini peneliti melakukan analisis kebutuhan, analisis siswa dan analisis materi. Kemudian peneliti melakukan desain awal media dan desain instrument penelitian. Selanjutnya, media pembelajaran dikembangkan dengan bantuan aplikasi Macromedia Flash 8, hasil analisis rata-rata validasi sebesar 83,76% dengan kategori cukup valid, sedangkan hasil analisis rata-rata kepraktisan media pembelajaran sebesar 87,31% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Macromedia Flash 8 pada materi dimensi tiga kelas X dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran yang teruji valid dan kepraktisannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdian, A. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Macromedia Flash Professional 8 Pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Kelas Vii [online]. Tersedia: http://digilib.uinsuka.ac.id/12506/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20daftar%20pustaka.pdf. Diakses [tanggal 17 Februari 2017, 18.09 WIB]
Aini, R, N. 2014. Analisis Pemahaman Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Pada PISA. Jurnal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika: Mathedunesa. Vol. 3, No. 2. Hlm 159.
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Asra, dkk. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dasar I Model Pembelajaran Project Based Learning Di Prodi Pendidikan Fisika Universitas Pasir Pangaraian. Jurnal. Jurnal Ilmiah Edu Research, Vol.4, No.2, hal.157 Desember 2015.
Hasbullah. 2011. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Panduan Pengembangan Bahan Ajar TIK. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Lestari, S. A. 2013. Pembelajaran Multimedia. Jurnal. Al- Ta’dib. Vol. 6, No. 2, Hlm. 91.
Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal. Jurnal Kreano. Volume 3 Nomor 1 : ISSN 2086-2334. Portotipe final.
Sari, A. F. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektronik di SMK Negeri 1 Padang. Disertasi. Program Sarjana Universitas Negeri Padang.
Zuhri, D. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual untuk SD Marginal. Jurnal. Vol.4 No.1, Mei 2017, Hal 25-34.
Published
2019-04-01
Abstract viewed = 4 times
PDF downloaded = 1 times