DESAIN LEMBAR KERJA SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN DUA VARIABEL BERORIENTASI ETNOMATEMATIKA KOTA LUBUKLINGGAU

  • Drajat Friansah STKIP PGRI Lubuk Linggau
  • Maria Luthfiana STKIP PGRI Lubuk Linggau
Keywords: Etnomatematika, Lubuklinggau, SPLDV

Abstract

Artikel ini membahas tentang proses dalam merancang bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) materi sistem persamaan dua variabel (SPLDV) berorientasi Etnomatematika kota Lubuklinggau. Metode yang digunakan penulis dalam merancang bahan ajar merupakan bagian atau dua tahapan awal dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, deleopment, implementasi, dan evaluasi. Tahap analisis bertujuan untuk mengidentifikasi kurikulum, karakteristik siswa, kebutuhan akan bahan ajar, sedangkan tahap desain untuk merancang kerangka LKS dan instrumen penelitian. Berdasarkan kedua tahap tersebut diperoleh konsep etnomatematika yang bisa diintegrasikan ke dalam pembelajaran dengan cara menyajikan dalam LKS yaitu, satuan hitung dalam transaksi jual beli di pasar tradisional berupa “secanting dan “setembuk”, selain itu motif batik khas Lubuklinggau berupa motif duren. Kedua konteks etnomatematika menjadi titik awal dalam proses pembelajaran yang tersaji dalam LKS pada materi SPLDV, sehingga pembelajaran matematika bisa lebih bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, L. K. & Amri, S. 2014. Pengembangan & Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Laurens, T. 2016. Analisis Etnomatematika dan Penerapannya dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumbar,Vol III,(1),86-96.
Mahendra, W. E. 2017. “Project based learning bermuatan etnomatematika dalam pembelajar matematika”. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol 6, (1), 106-114.
Marsigit. 2016. Pembelajaran Matematika dalam Perspektif Kekinian. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2, (3), 132-141.
Mawaddah, S. 2017. Mengembangkan Kemampuan Berfikir Logis Dengan Pendekatan Etnomatematika.Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan. ISSN 2598-1978.
Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik :Tinjauan Teoretis dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Putri, L. I. 2017. “Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang Mi”.Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. IV, (1), 21-31.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Developmentr&d). Bandung: Alfabeta.
Sumantri, M. S. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sundayana, R. 2015. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wahyuni, I. 2016. “Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Pesisir Selatan Kecamatan Puger”. Jurnal Fenomena, Vol 15, (2), 225-238.
Wahyuni, A: dkk. 2013. “Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa”. Jurnal Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta.
Zulkifli, M. & Dardiri. N. 2016. Etnomatematika Dalam Sistem Pembilangan Pada Masyarakat Melayu Riau. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan,Vol 19, (2), 220-23.
Published
2019-04-01
Abstract viewed = 6 times
PDF downloaded = 6 times