PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN VISUAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SIAK HULU

  • Diana Natasia Universitas Islam Riau
  • Rezi Ariawan Universitas Islam Riau
  • Aulia Sthephani Universitas Islam Riau
Keywords: Pendekatan Visual Thinking, Berpikir Kritis Matematis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Visual Thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) dengan desain penelitian non equivalent control group design menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan mulai tanggal 3 Maret 2018 sampai 31 Maret 2018.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu tahun pelajaran 2017/2018.Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C sebagai kelas kontrol dan VII-D sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis, lembar pengamatan keterlaksanaan proses pembelajaran, serta perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, serta Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siwa kelas eksperimen lebih besar dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas kontrol.Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Visual Thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariawan, Rezi. 2013. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Visual Thinking Disertai Aktifiktas Quick On The Draw untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa. Thesis pada Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia: Thesis tidak diterbitkan.
Budiman, Hedi. Peningkatan Kemamouan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Cabri 3D.[Online]. Tersedia: https://www.researchgate.net/publication/317077179. [27 Oktober 2017].
BSNP.2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Kemendikbud. 2011. Final Report Determinants of Learning Outcomas Trend in International Mathematics and Sciences Study (TIMSS) 2011. [Online]. Tersedia: http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survey-international-timss/laporan-timss. [13 November 2017].
Muhfahroyin. 2009. Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Konstruktivistik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 16, Nomor 1, April 2009.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2019-04-01
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 1 times