PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII

  • Delva Nora Universitas Riau
  • yenita roza Universitas Riau
  • zulkarnain zulkarnain Universitas Riau
Keywords: Problem Based Learning, Perangkat Pembelajaran,Kemampuan Matematis

Abstract

Kurikulum 2013 yang menginginkan pembelajaran berjalan aktif, efektif dan efesien dan meningkatkan kemampuan intelektual peserta didik.  Perangakat ini dikembangkan berbasis masalah yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pengembangan perangakat menggunakan model Borg and Gall. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa perangkat pembelajaran matematika yaitu Silabus, RPP dan LKPD yang didesain untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian dilaksanakan di MTs Darul Hikmah Pekanbaru pada siswa  kelas VIIdalam materi pokok himpunan. Tahap analisis meliputi analisis kurikulum dan analisis kebutuhan, tahap desain meliputi menyusun rancangan perangkat pembelajaran matematika, tahap pengembangan dilakukan pengembangan rancangan perangkat pembelajaran matematika, tahap implementasi dilakukan ujicoba kepada dua kelompok belajar, yaitu kelompok kecil dan kelompok besar, serta tahap evaluasi dilakukan untuk menganalisis data yang telah didapatkan dari tahap sebelumnya. Hasil yang diperoleh sampai pada tahap kedua yaitu desain pengembangan perangakat pembelajaran matematika menggunakana model Pembelajaran Berbasis Masalah (PMB) untuk penigkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benny A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
F. Shadiq. 2014. Strategi Permodelan pada Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Baandung: Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. 2014. Kurikulum dan Pemebelajaran. Bandung: Bumi Aksara.
Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Peneltian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Pretti.T.M.Ambarita, dkk. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 5 No. 2, hal: 106-108.
Ardhini Lestari. 2014. Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materisoal Cerita Tentang Himpunan Di Kelas Vii Mtsn Palu Barat. Jurnal Eleketronik Pendidikan Matematika Tadulako, Vol. 2 No.1, hal:2-3
Published
2019-04-01
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times