PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS-HEURISTIK) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 PEKANBARU

  • bahrin bahrin Universitas Islam Riau
  • Abdurrahman Abdurrahman Universitas Islam Riau
  • Astri Wahyuni Universitas Islam Riau
Keywords: Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran logan avenue problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Penelitian eksperimen ini dimulai dari tanggal 23 Februari 2018 sampai dengan tanggal 12 Maret 2018.Bentuk penelitian adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu).Desain penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design.Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Pekanbaru.Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling.Kelas  dipilih sebagai kelas eksperimen dengan 38 orang siswa dan kelas  dipilih sebagai kelas kontrol dengan 42 orang siswa.Instrumen pengumpulan data yaitu soal pretest danposttesthasil belajar.Teknik pengumpulan data adalah teknik tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari uji-t diperoleh  dimana  dan  Hal ini berarti  ditolak dan  diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran logan avenue problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmadi, H. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Kemendikbud. 2011. Survei Internasional PISA. Diambil dari http://litbang.kemendikbud.go.id/index.php/survei-internasional PISA. (diakses 25 Oktober 2017)
Shoimin, A. 2014.68 Model Pembelajaran Innovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arruz Media.
Sugiyono. 2005. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
TIMSS. 2015. Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia Menurut Benchmark Innternasional TIMSS 2011,[online]http://litbang.kemdikbud.go.id.pdf. (diakses 25 Oktober 2017)
Published
2019-04-01
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 0 times