PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF SNOW BALLING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

  • arnida sari universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • lies andriani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • depi fitraini Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • irma fitri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Pembelajaran Matematika, Snow Balling, Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif snow ballingdengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental Design.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Dar Al-Ma’arif Pekanbaru dengan jumlah sampel sebanyak 41 orang siswa.Desain yang digunakan adalah Postest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbedaan rata-rata menggunakan uji t pada a=0,05 diperoleh thitung= 2,7313 dan ttabel = 2,00 sehingga thitung< ttabel  tidak terpenuhi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif snow ballingdengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyadi Wijaya. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Arnida Sari dan Memen Permata Azmi. 2018. Penerapan Model Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Journal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1).164-171.
Endang Mulyantiningsih, 2011. Model Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Yogyakarta: Alfabeta.
Hisyam Zaini, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta : CTSD.
Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan. 7(1).
Imas Layung Purnama dan Ekasatya Aldila Afriansyah. 2016. Kemampuan Komunikasi Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Complete Sentence dan Team Quiz. Jurnal Pendidikan Matematika. 10(1). 26-42.
Lestari, K E & Ridwan,M.2017.Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Lidya Natalia Sartono. 2017. Pengaruh Metode Snow Ball Throwing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 1(1).
Mayang Gadih Ranti. 2015. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Strategi Writing to Learn pada Siswa SMP. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2).
Pebriyanto Canggih Saputro. Penerapan Metode Pembelajaran Snow Balling Berbasis Investigasi untuk Meningkatkan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika (PTK Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura 2012/2013). eprints.ums.ac.id.
Risnawati. Strategi Pembelajaran Matematika. 2008. Pekanbaru: Suska Pers.
Utari Sumarmo. 2013. Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung: UPI.
Selvi Julianti. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Snow Ball Drilling terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa kelas VIII SMPN 10 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. 4 (2).
Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Bandung: UPI Press.
Zubaidah Amir dan Risnawati, 2015. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Published
2019-03-30
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times