PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X IPS SMA SERIRAMA YLPI PEKANBARU

  • ariska ariska Universitas Islam Riau
  • alzaber alzaber Universitas Islam Riau
  • leo adhar effendi Universitas Islam Riau
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, TGT, Motivasi Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa pada materi trigonometri di kelas X IPS SMA Serirama YLPI Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS SMA Serirama YLPI Pekanbaru yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Bentuk penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data adalah lembar pengamatan dan lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data berupa teknik pengamatan dan teknik angket. Teknik analisis data berupa analisis data aktivitas guru dan siswa serta analisis data motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas X IPS SMA Serirama YLPI Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari persentase motivasi belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Sebelum tindakan, motivasi belajar matematika rata-rata siswa memperoleh persentase sebesar 55%. Setelah diberi tindakan, meningkat menjadi 63% pada akhir siklus I, dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas X IPS SMA Serirama YLPI Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z. 2013. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas(cetakan ke-5). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Haryono. 2015. Bimbingan Teknik Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Yogyakarta: Amara Books.
Kusumah, W & Dwitagama, D. 2012.Mengenal Penelitian Tindakan Kelas(Edisi ke-2). Jakarta: PT. Indeks.
Riduwan. 2008. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulistyo, I. 2016. Peningkatan Motivasi Belajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pelajaran PKN.Jurnal Studi Sosial, Vol.4, No.1 (2016), Hal:14-19.
Suprijono, A. 2015.Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanti, P.M. & Sukanti. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Dart Board untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi. Jurnal Kajian Akuntansi Indonesia, Edisi 8. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kpai/article/view/5806. Diakses [tanggal 15 Maret 2018, 21.15]
Taniredja, T. Faridli, E.M., Harmianto, S. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Published
2019-03-30
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times