PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

  • Annisa Pernada Universitas Islam Riau
  • leo adhar effendi Universitas Islam Riau
  • sari herlina Universitas Islam Riau
Keywords: Soal, TIMSS, SMP, Pengembangan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika berbasis TIMSS yang valid dan memiliki kualitas butir tes yang baik. Produk penelitian ini adalah seprangkat soal matematika berbasis TIMSS yang berbentuk tes uraian dengan 8 butir soal. Pengembangan soal matematika berbasis  TIMSS  ini menggunakan metode  R&D dengan  model pengembangan modifikasi Sugiyono. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan hasil pengembangan soal matematika berbasisTIMSS 3 soal memiliki kevalidan tinggi, 3 soal kategori cukup, 2 soal kategori rendah. Untuk reliabilitas“sedang” sebesar 0,62 dan praktikalitas “sangat praktis” sebesar 0,92. Dari hasil analisis butir soal 3 soal akan dilakukan revisi. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa produk ini dapat digunakan sebagai bank soal latihan guru pada pembelajaran matematika materi aljabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: BumiAksara.
Cahyono, B dan Nurul,A. 2016. Analisis Soal Dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester1 Berdasarkan Dimensi Kognitif dari TIMSS. Jurnal Review Pembelajaran Matematika. Diambil dari http://jrpm.uinsby.ac.id/index.php/jrpm/article/download/12/13. (28Oktober 2018)
Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Perss.
Pratiwi,H.2013. Pengaruh penerapan model kooperatif tipe co-op dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa SMP. Tesis. Diambil dari http://repository.upi.edu/1661/(1 November2017).
Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Rajawali Pers.
Sunarya. 2012. Pedoman Evaluasi dan Proses Hasil Belajar. Diambil dari http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/195911301987031-YAYA._SUNARYA/BAHAN_EVALUASI-ASESMEN/TES_URAIAN.pdf (28 Oktober 2017)
Published
2019-03-30
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 2 times