KAJIAN LITERASI STATISTIK MAHASISWA DALAM MEMBACA, MENYAJIKAN DATA DAN MENAFSIRKAN DATA

  • andoko andoko Universitas Islam Riau
  • Aan Subhan Pamungkas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Literasi, Statistik, Membaca, Menyajikan, Menafsirkan

Abstract

Kemampuan dasar seseorang dalam memahami data dikenal dengan literasi statistik. Fondasi dasar literasi statistik adalah kemampuan individu dalam membaca data yang ditampilkan dalam bentuk tabel maupun diagram; menyajikan data agar mudah dipahami serta menafsirkan data tersebut dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan literasi statistik mahasiswa dalam kontek tiga fondasi tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat pertama yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes literasi statistik dan portofolio hasil pekerjaan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar yaitu 95% mahasiswa sudah mampu membaca data yang ditampilkan dalam bentuk diagram garis; 92,5% mahasiswa sudah mampu menyajikan data dalam diagram yang sesuai dengan data yang diberikan; dan hanya 10% mahasiswa yang mampu menafsirkan data dari sebuah kasus yang dberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational Research: An Introduction. New York: Person Education.
Partnership for 21st Century Learning, Framework for 21st Century Learning. Washington DC, 2007.
Scott, L.A, 21st Century Skills Early Learning Framework. Washington DC, 2017.
Schiled, M, Statistical Literacy: Thinking Critically about Statistics. Of Significance, 1(1), 15-20.
Garfield, J, delMas, R and Chance, B, The Web-based ARTIST: Assessment Resource Tools for Improving Statistical Thinking. Annual Meeting of the American Educational Research Association, Chicago.
Garfield, J, Ben-Zvi, D, How Student Learn Statistics Revisited: A Current Review of Research on Teaching and Learning Statistics. Internasional Statistical Review, 75(3), 372-396, 2007.
Published
2019-03-30
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times