PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DALAM MODEL PENEMUAN TERBIMBING

  • Ahmad Zakiamani Universitas Riau
Keywords: Penemuan Terbimbing, Pemahaman Konsep Matematis, Teorema Pythagoras.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman konsep matematis siswa.Sementara pemahaman konsep matematis merupakan tujuan pembelajaran Matematika di dalam kurikulum 2013. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk  mengetahui peningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di tinjau dari sekolah dengan kategori level tinggi, sedang, dan rendah siswa SMPN kabupaten Rokan Hulu. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan populasi siswa SMPN   kabupaten Rokan Hulu.Hasil penelitian dalam penelitian ini berupa perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farida Aryani, 2011, Pengembangan LKS Untuk Metode Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika Kelas Viii Di Smp Negeri 18 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 Juli 201.
Haryani Hasibuan, 2014, Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika Kelas XI IPA SMAN 1 Lubuk Alung.Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1 2014.
Karim, 2014, Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP, Jurnal Pendidikan Matematika Edu-Mat Vol. 2 No. 1 Pebruari 2014.
Kristin Yulianti, 2014, Eksperimentasi Model Penemuan Terbimbing Dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pokok Bahasan Trigonometri Ditinjau Dari Kreativitas Siswa SMA Se-Kota Salatiga Tahun Pelajaran, Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol. 2 No. 10 Desember 2014.
Leo Adhar Effendi, 2012, Pembelajaran Matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampauan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP, Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 13 No. 2 Oktober 2012.
Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, Alfabeta.
Tony Hidayat, 2017, Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Di Kelas Viii SMP. Jurnal Pendidikan Vol 2, No 8 bulan Agustus 2017.
Published
2019-03-30
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 1 times