Analisis Stabilitas Lereng Sungai Kampar Terhadap Gelincir di Desa Simpang Kubu dengan Metode Simplified Bishop

  • Zainuri Zainuri Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning
  • Shanti Wahyuni Megasari Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning
  • Gusneli Yanti Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning

Abstract

Desa Simpang Kubu merupakan salah satu desa yang berada di daerah kawasan bantaran sungai Kampar yang secara administratif berada dalam wilayah Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Kondisi tebing sungai, ada yang sudah diberi perkuatan dan ada yang masih alami. Kondisi tebing sungai yang masih alami mengalami pengikisan secara terus-menerus, sehingga makin lama jarak tebing sungai dengan daerah permukiman dan fasilitas umum semakin dekat. Jika hal ini tidak menjadi perhatian dan dibiarkan terus-menerus oleh pengambil kebijakan maka daerah permukiman masyarakat dan fasilitas umum tersebut akan hilang, ikut terkikis dan terbawa oleh longsor. Karena itu perlu dipertimbangkan untuk membangun pengaman tebing. Masalah penelitian adalah analisis stabilitas lereng sungai Kampar di desa Simpang Kubu dengan metode Simplified Bishop sehingga bidang gelincir dapat ditentukan secara akurat. Tempat penelitian adalah bantaran sungai Kampar yang berada di desa Simpang Kubu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Waktu penelitian dimulai dari bulan Agustus 2015, berakhir pada bulan Januari 2016. Berdasarkan data-data yang diperoleh dan kemudian dianalisis dengan memakai formulasi yang digunakan pada metode Simplified Bishop maka diperoleh kesimpulan bahwa bidang gelincir untuk lereng sungai Kampar yang berada di Desa Simpang Kubu berberntuk busur dengan jari-jari (R) 10 meter dan nilai faktor keamanan (Fs) sebesar 1,78 mendekati nilai yang diisyaratkan.

References

Bowles, J.E., 2005, Analisis dan Desain Pondasi, jil. I, ed. IV, cet. 10, Jakarta, Erlangga.
Das, B. M., 2005, Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip dan Rekayasa Geoteknis), jil. 2, cet. 9, Jakarta, Erlangga.
Departemen Pekerjaan Umum, 2005, Pedoman Analisis Daya Dukung Tanah Fondasi Dangkal Bangunan Air, Jakarta.
Indriani, L., dan Rina Mariani, 2012, Studi Perencanaan Turap Baja untuk Perkuatan Tebing Sungai Seruyan di Desa Pematang Panjang Kabupaten Seruyan, Jurnal Penelitian Dosen Fakultas Teknik Universitas Darwan Ali, Vol. 3: 1 – 5.
Murri, M.M., Niken Silmi Surjandari dan Sholihin As’ad, 2014, Analisis Stabilitas Lereng Dengan Pemasangan Bronjong (Studi Kasus di Sungai Gajah Putih, Surakarta), Jurnal Matriks Teknik Sipil, Vol. 2: 162 – 169.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, 1991, Tentang Sungai, Nomor 35, Jakarta.
Saputra, M.E., Nur Yuwono dan Nizman, 2002, Studi Gelombang Bangkitan Kapal Terhadap Laju Abrasi Tebing Sungai Siak, Pekanbaru, PIT-HATHI.
Sosrodarsono, S. & Nakazawa, K., 2000, Mekanika Tanah & Teknik Pondasi, Jakarta, PT. Pradnya Paramita.
Published
2016-04-25
How to Cite
ZAINURI, Zainuri; MEGASARI, Shanti Wahyuni; YANTI, Gusneli. Analisis Stabilitas Lereng Sungai Kampar Terhadap Gelincir di Desa Simpang Kubu dengan Metode Simplified Bishop. JURNAL SAINTIS, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 1-6, apr. 2016. ISSN 2580-7110. Available at: <https://journal.uir.ac.id/index.php/saintis/article/view/2832>. Date accessed: 16 nov. 2019.
Section
Articles