Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kolaborasi Pengabdian Dosen dan Mahasiswa di Kecamatan Dayun Siak Sri Indrapura
DOI:
https://doi.org/10.25299/njppi.2024.21907Keywords:
Kolaborasi Pengabdian, Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, PKM Dosen dan MahasiswaAbstract
Pelatihan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah (MA) Suka Mulya, Siak Sri Indrapura, berhasil memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan profesionalisme guru. Para guru yang mengikuti pelatihan ini kini memiliki keterampilan yang lebih baik dalam mengelola kelas, menggunakan teknologi pembelajaran, menilai siswa secara objektif, serta mengajarkan nilai-nilai agama dan karakter kepada siswa. Dengan meningkatnya kompetensi profesional guru, diharapkan kualitas pendidikan di MA Suka Mulya semakin meningkat, dan siswa dapat meraih pendidikan yang tidak hanya berbasis pengetahuan akademik, tetapi juga pembentukan karakter agamis. Pelatihan kompetensi pedagogik bagi guru MA Suka Mulya, Siak Sri Indrapura, memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pengajaran di madrasah tersebut. Para guru yang mengikuti pelatihan kini lebih siap dalam menghadapi tantangan pengajaran yang semakin berkembang, baik dalam hal pengelolaan kelas, penggunaan teknologi, penilaian pembelajaran, maupun dalam menanamkan karakter dan nilai-nilai agama. Dengan adanya peningkatan keterampilan ini, diharapkan kualitas pendidikan di MA Suka Mulya dapat lebih baik, sehingga siswa tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter yang baik sesuai dengan tujuan pendidikan di madrasah.
Downloads
References
Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. 2(1), 23–30.
Cahyani, A., Nurhaningsih, T., Karnati, N., & Rahmawati, D. (2024). Kuliah Kerja Nyata Sebagai Implementasi Pendidikan Berbasis Masyarakat di Perguruan Tinggi. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(2), 19–29. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.726
Maruli, S., Situmeang, T., Indonesia, U. K., Masyarakat, P., Dharma, T., & Tinggi, P. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat. 1090–1098.
Mia, Y. G., & Sulastri, S. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93
Nurhidayah, S., Basri, H., Putrianika, P., & Widyowati, D. D. (2024). Sinergitas dan kolaborasi terhadap pembangunan desa melalui program kuliah kerja nyata di kabupaten bekasi. 05(01), 36–46. https://doi.org/10.33558/devosi.v5i1.9284
Qorib, F. (2024). Tantangan dan Peluang Kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan Masyarakat dalam Program Pengabdian di Indonesia. 2(2), 46–57.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Natijah: Jurnal Pengabdian Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.