Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kolaborasi Pengabdian Dosen dan Mahasiswa di Kecamatan Dayun Siak Sri Indrapura

Authors

  • Miftah Syarif Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Ahmad Sholeh Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Amirudin Amirudin Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Widodo Widodo Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Vina Novita Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Rifani Al-Zikri Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/njppi.2024.21907

Keywords:

Kolaborasi Pengabdian, Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, PKM Dosen dan Mahasiswa

Abstract

Pelatihan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah (MA) Suka Mulya, Siak Sri Indrapura, berhasil memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan profesionalisme guru. Para guru yang mengikuti pelatihan ini kini memiliki keterampilan yang lebih baik dalam mengelola kelas, menggunakan teknologi pembelajaran, menilai siswa secara objektif, serta mengajarkan nilai-nilai agama dan karakter kepada siswa. Dengan meningkatnya kompetensi profesional guru, diharapkan kualitas pendidikan di MA Suka Mulya semakin meningkat, dan siswa dapat meraih pendidikan yang tidak hanya berbasis pengetahuan akademik, tetapi juga pembentukan karakter agamis.  Pelatihan kompetensi pedagogik bagi guru MA Suka Mulya, Siak Sri Indrapura, memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pengajaran di madrasah tersebut. Para guru yang mengikuti pelatihan kini lebih siap dalam menghadapi tantangan pengajaran yang semakin berkembang, baik dalam hal pengelolaan kelas, penggunaan teknologi, penilaian pembelajaran, maupun dalam menanamkan karakter dan nilai-nilai agama. Dengan adanya peningkatan keterampilan ini, diharapkan kualitas pendidikan di MA Suka Mulya dapat lebih baik, sehingga siswa tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter yang baik sesuai dengan tujuan pendidikan di madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. 2(1), 23–30.

Cahyani, A., Nurhaningsih, T., Karnati, N., & Rahmawati, D. (2024). Kuliah Kerja Nyata Sebagai Implementasi Pendidikan Berbasis Masyarakat di Perguruan Tinggi. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(2), 19–29. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.726

Maruli, S., Situmeang, T., Indonesia, U. K., Masyarakat, P., Dharma, T., & Tinggi, P. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat. 1090–1098.

Mia, Y. G., & Sulastri, S. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93

Nurhidayah, S., Basri, H., Putrianika, P., & Widyowati, D. D. (2024). Sinergitas dan kolaborasi terhadap pembangunan desa melalui program kuliah kerja nyata di kabupaten bekasi. 05(01), 36–46. https://doi.org/10.33558/devosi.v5i1.9284

Qorib, F. (2024). Tantangan dan Peluang Kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan Masyarakat dalam Program Pengabdian di Indonesia. 2(2), 46–57.

Downloads

Published

2025-04-29