Asistensi Penyusunan Proposal Penelitian Potensi Lolos MYRES Direktorat Pendidikan Islam Kemenag RI

Authors

  • Musaddad Harahap Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Miftah Syarif Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Yenni Yunita Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Ahmad Ridoan Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Berby Rumiati Simbolon Universitas Islam Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/njppi.2024.21702

Keywords:

MYRES, Asistensi, Proposal Penelitian, Pendidikan Islam, Madrasah

Abstract

Program Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia merupakan ajang bergengsi dalam bidang penelitian bagi siswa madrasah. Namun, banyak peserta mengalami kendala dalam penyusunan proposal penelitian yang sesuai dengan standar dan kriteria yang ditetapkan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan asistensi dalam penyusunan proposal penelitian guna meningkatkan potensi kelolosan dalam kompetisi MYRES. Metode yang digunakan meliputi pelatihan, pendampingan intensif, serta evaluasi proposal berbasis kriteria penilaian MYRES. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa asistensi yang diberikan mampu meningkatkan pemahaman siswa dan guru dalam merancang proposal penelitian yang berkualitas. Dengan adanya program ini, diharapkan madrasah dapat lebih berdaya saing dalam menghasilkan penelitian yang inovatif dan berkontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan di lingkungan pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulita, D., Nurazizah, F., Meilinda, L., & Nugraha, D. (2024). Social Media As Source Study Generation Millennials. Journal of Economics and Economic Education, 1(1), 36–40. https://doi.org/10.59066/JEEE.V1I1.754.

Baca artikel CNN Indonesia "KPU Ungkap Milenial Dominasi Pemilih Pemilu 2024" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230702150842-617-968559/kpu-ungkap-milenial-dominasi-pemilih-pemilu-2024.

Budianto, A. A. (2023). Pentingnya pendidikan inklusif: Menciptakan Lingkungan Belajar yang Ramah Bagi Semua Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 12-19.

Derjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2024). Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Semester Gajil Tahun Ajaran 2024/2025. Retrieved August 14, 2024, from https://dapo.kemdikbud.go.id/pd.

Fakry, M., et. al. (2024). Tantangan dan Peluang Pendidikan Era Indonesia Emas. Jakarta: Damera Press.

Fauzi, A.A. et al. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Berbagai Sektor Masa Sciety 5.0. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Mustika, R.I. et al. (2024). Menjadi Pendidikan Ideal Abad 21. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Rahmawati, D. (2018). Millennials and I-Generation Life. Yokyakarta: Laksana.

Salinan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2311 Tahun 2024 tentang Pelaksanaan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES) Tahun 2024.

Zarkasi, F. (2025). The Islamic Religion and Its Challenges: Indonesian Perspective Past, Present and Future. Bekasi: Alungcipta.

Downloads

Published

2025-03-25